MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) melakukan uji coba mobil listrik di Area Operasional Mobile Equipment Maintenance (MEM) Gunung Batu, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, guna untuk mewujudkan komitmen praktik pertambangan berkelanjutan secara konsisten dalam mencapai target net zero emissions pada 2050 mendatang.

Baca Juga : Melalui “Gebrakan UMKM”, PT Vale Dukung Pemasaran Produk Lokal

Vice President Director PT Vale, Adriansyah Chaniago mengatakan, PT Vale mencatat sejarah penting dalam mewujudkan program pengurangan emisi karbon dengan melakukan uji coba mobil listrik.

“Hari ini, PT Vale mencatat sejarah penting dalam mewujudkan program pengurangan emisi karbon dengan melakukan uji coba pemakaian mobil listrik. Uji coba mobil listrik ini menggunakan salah satu merek yang sudah dipasarkan di Provinsi Sulawesi Selatan. Pada tahap pertama mobil listrik tersebut akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan operasional Departemen Energi pada area Sorowako sampai Nuha yang akan berlangsung hingga bulan Maret. Uji coba ini akan berlanjut hingga bulan September dan akan dioperasikan sebagai armada taksi bagi karyawan. Saat ini, perusahaan juga telah menyiapkan charging station di area General Facilities & Services (GFS) PT Vale yang berada di Pontada, Nuha,” ujar Adriansyah, Jumat (14/10/2022).

Senior General Manager Environment & Permit Management PT Vale, Muhammad Adli Lubis menambahkan, PT Vale memiliki sejumlah inisiatif transisi energi untuk mengurangi emisi karbon sebesar 33% pada 2030.

Selain pemakaian kendaraan listrik, PT Vale juga akan melakukan penggantian bahan bakar pada proses pengolahan nikel dari batu bara menjadi gas alam cair (LNG), serta penggunaan biomass sebagai reductant di tanur reduksi (reduction kiln).

“Melalui berbagai upaya tersebut, PT Vale bermaksud mengampanyaken green mining, sekaligus mewujudkan ambisi menjadi pemimpin dalam pertambangan berkelanjutan. Kami berharap penggunaan kendaraan listrik dapat berkontribusi dalam mencapai target PT Vale pada tahun 2030 dan sekaligus mendukung agenda net zero emissions pada tahun 2050,” kata Adli.

Baca Juga : PT Vale Konsisten Dorong Pertanian SRI Organik di Area Pemberdayaan