BULUKUMBA – Tim Kendali Banjir yang dibentuk Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf di awal masa pemerintahannya tahun lalu kembali melaksanakan tugas setelah beberapa hari ini curah hujan yang disertai angin kencang melanda wilayah Sulawesi Selatan secara umum.

Baca Juga: Bersama PLN, Pemkab Bulukumba Dorong Meterisasi Penerangan Jalan Umum

Sebelumnya di Apel Gabungan OPD pada Senin yang lalu, Bupati Muchtar Ali Yusuf meminta jajaran OPD untuk melakukan pembenahan dan pembersihan kantor dan sekitarnya, termasuk meminta Tim Kendali Banjir agar kembali memantau saluran-saluran air untuk mencegah banjir akibat curah hujan yang semakin intens.

Dipimpin oleh Ketua Tim Kendali Banjir Andi Zulkifli Indrajaya, sejumlah pasukan lintas OPD melaksanakan tugas pembersihan drainase di sekitar jalan Rambutan Kelurahan Loka Kecamatan Ujungbulu, Rabu 19 Januari 2022.

Aksi pembersihan ini adalah yang pertama dilakukan sejak memasuki tahun 2022. Meski diguyur hujan Tim Kendali Banjir tetap semangat menjalankan tugas agar kota Bulukumba tidak terdampak banjir.

“Kami kembali turun untuk memastikan seluruh saluran air di dalam kota tidak ada yang tersumbat. Peran dan kepedulian masyarakat masih sangat diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang tempat,” kata Andi Zulkifli yang juga saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

Untuk diketahui, aksi Tim Pengendali Banjir yang dibentuk di awal masa pemerintahan Bupati Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Edy Manaf tahun 2021 yang lalu menuai banyak pujian dari banyak kalangan karena berhasil mencegah terjadinya banjir yang hampir tiap tahun melanda Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Inspiratif, Youtuber Asal Bulukumba Ini Sukses Ngonten dari HP

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang berkunjung ke Bulukumba saat itu memuji langkah Bupati dalam pengendalian banjir, meski tidak menggunakan dana APBD. Bahkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan juga sempat berkunjung ke Bulukumba untuk melihat langsung terobosan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tersebut.