MAKASSAR – Banjir merupakan bencana alam yang paling sering terjadi. Banjir adalah keadaan alam dimana suatu daerah atau daratan yang biasanya kering menjadi terendam banjir. Memasuki musim hujan, berikut 6 tips untuk menghindari banjir, diantaranya:

1. Membuat saluran air dengan baik

Saluran air yang baik akan membantu air hujan mengalir tanpa hambatan. Saluran air ini bisa berupa saluran air hujan, selokan dan juga saluran untuk air hujan dari atap. Saluran air yang baik lainnya bisa berupa terowongan saluran air bawah tanah yang akan menjamin semua air hujan yang turun akan dibawa ke laut.

Baca Juga : Tim Kendali Banjir Kembali Beraksi Cegah Banjir di Bulukumba

Sayangnya, belum cukup banyak negara yang menerapkan sistem ini karena selain membutuhkan biaya yang mahal juga membutuhkan rancangan infrastuktur yang matang. Negara yang telah lama menerapkan sistem ini salah satunya adalah Jepang.

2. Melakukan reboisasi 

Reboisasi adalah penanaman kembali. Jika anda memiliki sebuah lahan, maka jangan biarkan lahan tersebut kosong dan coba buat taman dengan menggunakan lahan tersebut. Selain itu hindari menebang pohon di hutan secara sembarangan.

6 Tips Cegah Banjir Hadapi Musim Hujan
Ilustrasi Reboisasi. Foto: istockphoto.

Pepohonan mempunyai peranan yang sangat besar untuk mencegah timbulnya banjir. Akar- akar pohon dapat menyerap dan menyimpan air serta mengunci di dalamnya. Dengan demikian ketika hujan lebat turun, air- air di permukaan akan terserap ke dalam tanah dan menyimpannya sehingga tidak akan terjadi banjir.

Selain tidak akan menimbulkan banjir, akar- akar pohon ini akan memberikan cadangan airnya ketika musim kemarau tiba sehingga masyarakat masih bisa mendapatkan air.

3. Meningkatkan lahan penyerapan air