BOGOR – Dalam ruang sidang Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Branangsiang Kota Bogor, berlangsung serah terima pengurus Forum Majelis Wali Amanat Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (MWA-PTNBH) dari Komjen (purn) Syafruddin yang merupakan Ketua Pengurus Forum MWA-PTNBH periode 2019-2021 ke Prof. Tridoyo Kusumastanto yang akan menjabat untuk periode 2022-2023, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Ilham Azikin Jadi Inspirasi Mahasiswa dari 28 Kampus Se-Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Komjen (Purn) Syafruddin yang juga merupakan Ketua MWA Universitas Hasanuddin dalam sambutannya mengatakan, bahwa tugasnya di perguruan tinggi adalah mengelola sumber daya manusia (SDM).

“Dan untuk menghasilkan SDM yang unggul, harus mengombinasikan dengan sumber daya alam yang ada, juga ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegas Wakapolri 2016-2018 ini.

Sementara itu, Prof Tridoyo Kusumastanto, yang menerima tongkat estafet kepengurusan Forum MWA-PTNBH mengucapkan selamat datang kepada Komjen (Purn) Syafruddin ke kampus IPB Baranangsiang Bogor.

Lanjut Prof Tridoyo, kampus ini sangat bersejarah bagi IPB. Pasalnya, peletakan batu pertamanya dilakuakn Presiden Soekarno. Saat meletakkan batu pertama, Presiden Soekarno mengatakan, pangan adalah mati hidupnya bangsa. Menurutnya, MWA menjadi challenge untuk transformasi institusi PTNBH.

“Sehingga peran dan otonomi universitas kita seperti tadi diungkap Pak Syafruddin, mampu untuk terus mengembangkan keunggulan sumber daya manusia kita dengan kemampuan iptek yang kita miliki, mampu mengantarkan ke perubahan untuk jadi pengungkit kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Jalin Kolaborasi, Kampus Bisnis Raksasa Amkop Tandatangani MoU bersama Bank Mandiri

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima kepengurusan dari Komjen (Purn) Syafruddin ke Prof Tridoyo, dan selanjutnya, Prof Tridoyo akan diberikan kewenangan untuk membentuk kepengurusan.