JAKARTA – Performa laptop lemot menghambat produktivitas kerja. Tentunya pengguna akan mencari cara mengatasi masalah laptop lemot tesebut.

Penyebab laptop lemot bisa karena penyimpanan penuh atau usia pemakaian yang terbilang sudah lama.

Baca Juga : 6 Tips Cegah Banjir Hadapi Musim Hujan

Berikut 5 cara mengatasi laptop lemot….

1. Hapus file dan aplikasi tidak terpakai

Cara termudah untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan menghapus file dan aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Dengan menghapus file di di drive khususnya drive C atau aplikasi yang tidak terpakai akan mengurangi beban penyimpanan laptop.

Buka “File Explrorer” > klik “This PC” > buka direktori C.

2. Bersihkan cache secara berkala

Cara kedua juga terbilang mudah dengan membuka File Manager, klik kanan pada Drive C atau D > klik Properties > tab General > Disk Cleanup untuk membersihkan cache atau temporary files yang menumpuk.

3. Pilih Software sesuai spek Laptop

Untuk mengatasi laptop yang mulai lemot, cara ketiga ini terlebih dahulu anda perlu mmengetahui spesifikasi laptop yang dimiliki.

Contoh spesifikasi besar, seperti editor video, desainer grafis, maupun gamers.

4. Penyimpanan Cloud

Dilansir dari CNNIndonesia, penyimpanan cloud atau cloud storage bisa menjadi alternatif bagi pemilik laptop dengan kapasitas hard disk internal yang kecil. Dengan demikian, anda tidak akan dipusingkan dengan memori internal penuh.

5. Tambah RAM

Terakhir, anda dapat mengatasi laptop lemot dengan menambah RAM.

Umumnya saat ini laptop hanya dibekali RAM 2-4 GB saja. Jika kebiasaan dan kebutuhan menggunakan laptop adalah multitasking, Anda bisa meningkatkan menjadi 8GB.

Untuk saat ini, RAM 8GB sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan kerja. Namun, jika Anda membutuhkan pemrosesan yang lebih cepat, dapat mempertimbangkan upgrade RAM hingga 16GB atau 32GB.

Baca Juga : Trauma Healing ‘Belatung’, 4 Tips Miss V tidak Dihinggapi Cacing Kremi

Pilihan Video