GOWA – Karang Taruna Kelurahan Tamarunang, kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, bekerja sama dengan Poltekes Muhammadiyah Makassar sosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), disertai dengan pemeriksaan golongan darah di tiga Sekolah Dasar. Sabtu (22/01/2022).

Baca Juga: Indira Paparkan Pentingnya PHBS Guna Cegah Stunting

Kali ini sekolah yang menjadi lokasi pelaksanaan adalah SDI. Tamarunang, SDI. Panggengtungan Selatan, SDI Panggengtungan Utara. Ketiga sekolah ini masih berada di satu wilayah Yang berada di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini dihadiri Korwil bidang pendidikan kecamatan Somba Opu, Camat Somba Opu, Lurah Tamarunang, Ketua MPKT Tamarunang, Kasi kesejahteraan Sosial Kec Somba Opu, Kasi Pemerintahan Kel Tamarunang, Sekretaris Karang Taruna kecamatan Somba Opu, beserta Guru dan kepala Sekolah Dasar, Kelurahan Tamarunang.

Ketua Karang Taruna, Parawansyah Dg. Mattawang mangatakan kegiatan pertama dilaksanakan dalam kepemimpinannya setelah baru – baru ini terpilih dan di lantik menjadi ketua karang taruna di kelurahan Tamarunang.

“Untuk sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS), sekaligus dirangkaikan dengan pemeriksaan golongan darah di Tiga SD ini baru kali pertamana saya adakan setalah saya terpilih sebagai ketua karang taruna, “ucapnya.

Baca Juga: Selayar Masih Level 3, Legislator Aliyah Mustika-Poltekkes Maksimalkan Sosialisasi PHBS

Ia mengatakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah bekerjasama bersama bersama Poltekes Muhammadiyah Makassar.

“Jadi dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan Poltekes Muhammadiyah Makassar, dan saya menganggap kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, kenapa dalam PHBS ini dirangkaikan dengan pemeriksaan golongan darah? Karena banyak diantar kita yang tidak tahu golongan darahnya itu apa, “ungkapnya.

Deketahui munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS.