KESEHATAN – Kurang gizi atau malnutrisi adalah kondisi ketika anak tidak menerima nutrien, mineral, dan kalori yang cukup untuk membantu perkembangan organ vital. Berikut 5 tanda anak kekurangan gizi.

Baca Juga : HMJ TI UINAM Gelar LKMM Bertajuk : Reaktualisasi Menuju Era Society 5.0
1. Perubahan Berat Badan

Dilansir dari CNNIndonesia.com, NHS mengungkapkan, tanda terbesar malnutrisi adalah penurunan berat badan yang tidak disengaja, mencapai 5-10 persen dalam 3-6 bulan.

Keadaan ini menjadi salah satu tanda kekurangan gizi, meski perlu dicatat pula, penurunan berat badan dapat menjadi tanda berbagai kondisi kesehatan.

2. Sering Sakit

Ahli Diet Terdaftar di New York, Alix Turoff mengatakan, jika seorang anak selalu terserang flu atau virus, mereka mungkin memiliki sistem kekebalan yang tertekan atau tanda kekurangan gizi.

Dalam kasus yang sama, Direktur Nutrisi Kesehatan dan Sistem Pangan Mercy Corps, Cathy Bergman menyebutkan, kekurangan gizi dapat berefek seumur hidup.

“Khusus anak di bawah dua tahun, efek kekurangan gizi kronis dapat berlangsung seumur hidup. Mereka yang bertahan hidup mungkin mengalami penurunan day atahan terhadap penyakit dan infeksi di kemudian hari,” sebutnya.

3. Suasana Hati Buruk

Ahli Diet Terdaftar, Allie Gregg mengatakan, suasana hati mampu mencerminkan kondisi kesehatan gizi seseorang.

“Suasana hati yang tertekan, bersama dengan tanda-tanda lain, juga dapat mencerminkan seorang anak menderita kekurangan gizi,” katanya.

4. Stunting

Turoff mengatakan, tanda-tanda kekurangan gizi lainnya dapat dilihat dari perkembangan intelektual dan kognitif anak.

“Perkembangan intelektual yang lambat, kesulitan belajar, gangguan kognitif, ketidakmampuan untuk fokus, adalah tanda-tanda kekurangan gizi pada anak-anak,” ujarnya.

5. Kurang Aktif

Menurut Feeding Matters, anak-anak yang memiliki tingkat aktivitas lebih rendah dari biasanya, atau tidur terlalu lama dari biasanya, dapat menjadi ciri-ciri anak yang kekurangan gizi.

Baca Juga : Program Pendampingan Gizi Pemprov Sulsel Berhasil Turunkan Stunting di Bone