LIFESTYLE – Self love (mencintai diri sendiri) merupakan kondisi ketika diri merasa layak untuk dicintai dan diprioritaskan. Psikolog klinis, Inez Kristanti membagikan berbagai kiat mencintai diri.

Baca Juga : Ciptakan Alat Transportasi Listrik, Mahasiswa Polibos Rancang Bangun Self Balancing Scooter

Berikut 4 kiat self love.

1. Mendengarkan Kebutuhan Diri Sendiri

Inez menganalogikan tubuh sebagai sebuah ponsel yang suatu saat bisa kehabisan daya, sehingga membutuhkan waktu mengisi ulang energi.

“Kalau baterai handphone low-bat kita panik kan? Kenapa kalau diri sendiri yang low-bat dibiarkan?. Kita juga dalam tanda kutip ada baterainya, butuh di-charge juga dengan hal-hal yang mungkin bisa meningkatkan energi dan membuat kita jadi lebih beristirahat,” katanya.

Ia menekankan pentingnya mendengarkan kebutuhan diri sendiri dan mampu memenuhi kebutuhan tersebut melalui ha-hal sederhana.

“Memisahkan mana jam kerja dan istirahat itu adalah salah satu contoh mendengarkan kebutuhan diri sendiri yang bisa didisiplinkan di kehidupan sehari-hari,” tekannya.

2. Me Time

Menurut Inez, me time merupakan hal yang penting dalam self love. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental diri sendiri, sebab tidak selamanya hidup hanya dilakukan untuk orang lain.

Me time tidak memerlukan waktu yang panjang, setipa orang memiliki standar me time berbeda.

“Me time ini sebetulnya tidak membutuhkan waktu yang lama dan panjang. Boleh beberapa menit saja untuk melakukan sesuatu yang memang untuk diri sendiri. Yang dilakukan itu memang karena kita mau, bukan karena harus,” ujarnya.

3. Berani Bilang Tidak

Berkata tidak atau menolak permintaan bantuan dari orang lain bukanlah patokan baik buruknya seseorang.

Ada kalanya kita harus berani menolak ketika diri merasa tidak mampu untuk menolong atau memenuhi permintaan orang tersebut. Ini merupakan salah satu kiat self love.

4. Memisahkan Hal yang Bisa Diubah dan Tidak

Memisahkan hal-hal yang bisa diubah dan tidak merupakan salah satu bentuk self love berikutnya.