JAKARTA -Berdasarkan prediksi Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengungkapkan jika inflasi akan meningkat di tahun 2022. Sehingga, menurutnya harus ada upaya yang dilakukan untuk mengatasi peningkatan inflasi teresbut.

Baca juga: 3 Alasan Gubernur BI Yakin Ekonomi Indonesia Tahun ini Tumbuh 5,4 Persen

Berikut upaya yang dilakukan BI agar inflasi tidak meningkat:

1. BI optimis pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan stabil

Inflasi yang rendah dan stabil merupakan upaya bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam peluncuran Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia 2021, Perry mengatakan bahwa inflasi dapat dikendalikan jika sesuai sasaran 3 persen plus minus 1 persen.

“Inflasi memang akan naik tapi dapat dikendalikan sesuai sasaran 3 persen plus minus 1 persen,” ungkap Perry, Rabu (26/1/2022).

Perry Warjiyo juga mengatakan ia optimis akan menjaga stabilitas nilai tukar berkordinasi dengan kementerian keuangan,serta optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022 mencapai target 4,7% sampai 5,6%.

Baca juga: APBN 2022 Momentum Menjaga Pertumbuhan Ekonomi
2. Terpenuhinya vaksinasi menyeluruh

BI mengatakan untuk mengendalikan laju inflasi perlu adanya kerja sama dari masyarakat Indonesia. Semua dapat terkendali jika vaksinasi terpenuhi, perluasan sektor ekonomi, stimulus fiskal moneter, pembiayaan sampai perubahan sektor rill dan sektor keuangan

Perry Warjiyo juga mengajak teman-teman perbankan untuk lebih meningkatkan pembiayaan dan kredit kepada perbankan.target yang harus di capai 7 sampai 9 persen.

3. Adanya kolaborasi bank Indonesia dengan kementerian koperasi

Demi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia harus ada kerja sama yang mendukung sinergi pemulihan ekonomi baik itu dari sektor UMKM.

Perry mengatakan insyaallah tahun 2022 akan lebih baik lagi serta menjaga inflasi dan stabilitas nilai tukar walaupun itu dari tekanan global.

Baca Juga: Jaga Akuntabilitas Keuangan, Bantaeng Bakal Perketat Sistem Pengendalian Internal

“mari kita bangkitkan optimisme tahun 2022 akan lebih baik marilah kita terus bersinergi untuk menangkap ekonomi kita segera pulih menuju Indonesia maju ,” ungkap Perry.