JENEPONTO – Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI) Kabupaten Jeneponto yang VII Tahun 2022 berlangsung di Ruang Pola Kantor Disnaker Jeneponto Rabu (26/1/2022).

Dalam Musda VII yang digelar kali ini Steering Committee menetapkan DR.Dr. H.M Syafruddin Nurdin, MKes secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum IPHI Kabupaten Masa Khidmat 2022-2027.

Ketua Panitia Pelaksana Drs H.Rusli Ramli, Mpd melaporkan segala hal yang terkait atas dasar pelaksanaan Musda ini bertujuan untuk memilih ketua umum dan pengurus sehubungan masa khidmat pengurus lama telah berakhir.

Ramli juga melaporkan bahwa hal lain dalam pelaksanaan Musda ini diharapkan akan melahirkan berbagai rumusan rekomendasi sebagai bahan yang akan diajukan pada Pengurus Wilayah sebagai bahan pengambilan kebijakan IPHI secara nasional.

Musda kali ini mengusung Tema “Mari Menjalin Ukhuwah Islamiah Dengan Mewujudkan Haji Mabrur Sepanjang Hajat”.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Daerah IPHI Jeneponto terpilih DR. Dr.H.M. Syafruddin Nurdin M.Kes dalam sambutannya memberikan apresiasi pada panitia dan Steering Committee atas terselenggaranya Musda ini dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan covid 19.

Musda ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali sebagai wujud amanat yang diatur dalam mukadimah serta ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT) IPHI untuk melakukan evaluasi dan penyegaran organisasi secara demokratis disemua tingkat kepengurusan, kata mantan Sekda Jeneponto ini.

Pada kesempatan, Syafruddin juga menyampaikan bahwa data masyarakat yang telah mendaftar untuk berhaji di Jeneponto sebanyak 12.862 orang dan saat ini ada 399 orang yang sedang menunggu untuk berangkat tahun ini.

“Dari data tersebut lama tunggu masyarakat untuk mendapatkan kesempatan berhaji itu 38 tahun,” kata sang Doktor.