BULUKUMBA – Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Saidah Sakwan melaunching Kelompok Tani Tabbuakang di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, tepatnya di tempat wisata Puncak Donggia, Kamis (27/01/2022). Kopi Kahayya bakal menjadi Duta Bulukumba.

Baca juga: Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Penjual Miniatur Perahu Pinisi di Bulukumba

Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf menyampaikan kehadiran Pimpinan Baznas Pusat dan melihat langsung potensi alam yang dimiliki Kabupaten Bulukumba, diharapkan membuka pintu-pintu kerjasama dan kemitraan sehingga semakin terbuka untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani Kabupaten Bulukumba.

“Tentu kunjungan ini sudah menjadi bagian dari upaya pemberdayaan petani, sehingga para petani kita bisa lebih mandiri, terorganisir, serta memiliki kapasitas SDM yang lebih baik dalam rangka mengelola perkebunan dan hasil perkebunan, termasuk pada aspek pemasaran hasil pertanian,” ungkapnya.

Selain itu, Baznas RI juga menyerahkan bantuan pembuatan kopi dan kotak lebah kepada petani Desa Kahayya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari suksesnya program Zakat Community Development (ZCD) di Desa Kahayya sehingga Bulukumba mendapat Baznas Award Tahun 2022 awal Januari yang lalu.

Sementara itu, Saidah Sakwan mengatakan bahwa Kahayya ini memiliki aura untuk semakin dikenal, sehingga ia sangat bersyukur bisa sampai Desa Kahayya. Dikatakan untuk sampai ke desa paling tinggi di Kabupaten Bulukumba tersebut merupakan perjalanan yang panjang. Namun perjalanan panjang tersebut ternyata memberi inspirasi.

“Jika kita searching di google Desa Kahayya, maka yang keluar Kopi Kahayya. Artinya Kahayya yang dua ribu kilometer dari Jakarta hari ini kami ingin Kahayya hadir,” ungkapnya.

Dengan menghadirkan Kahayya secara nasional maupun internasional, diharapkan potensi lokal yang ada memberikan keberkahan. Baznas hadir untuk meningkatkan aksesibilitas baik itu kesehatan maupun pendidikan. Oleh karena Visi Baznas itu menjadi lembaga utama mensejahterakan umat, sehingga variabel kesejahteraan itu harus diraih.