KENDARI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) gencar membangun 16 BTS 4G di 107 kecamatan di Sultra (Sulawesi Tenggara), demi untuk mendorong peningkatan literasi digital wilayah tersebut, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga : Jalin Kerja Sama, XL Axiata-Cisco Terapkan Teknologi CUTO

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, grafik data yang mengalami peningkatan di Sultra harus seiring dengan perluasan jaringan 4G di wilayah tersebut.

“Trafik data di seluruh Sultra meningkat hingga 57 persen dalam satu tahun terakhir. Karena itu, kami harus terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan maupun untuk perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar. Seiring dengan pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat,” katanya.

Dodik menambahkan, hal ini merupakan bentuk implementasi atas komitmen XL Axiata dalam mendorong peningkatan literasi digital.

“Keberadaan jaringan 4G di desa/kelurahan di Sultra ini merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan. Tersedianya jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital,” tambahnya.

Selain itu, ia menuturkan XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G, baik radio maupun transmisi.

“Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G, baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Hingga saat ini, jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 943 Km dan mencakup sekitar 64 persen BTS. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 295 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya,” tuturnya.