LUWU UTARA — PT Sakura Makmur Lestari telah menyerahkan 83 unit Hunian tetap (huntap) yang dibangun insitu (di lahan sendiri) yang tersebar di beberapa desa/kelurahan di Luwu Utara, kepada Pemda Luwu Utara (Lutra), untuk selanjutnya diserahkan kepada penyintas banjir bandang, Jumat (4/2/2022) di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara dan diserahkan langsung oleh Bupati Lutra, Indah Putri Indriani.

Baca Juga : UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Makassar Laksanakan Program Kesetaraan Pendidikan

Bersamaan dengan penyerahan Huntap, juga diserahkan secara simbolis bantuan dana stimulan untuk rumah rusak sedang dan rusak ringan secara non tunai.

PT Sakura Makmur Lestari Serahkan 83 Huntap Kepada Pemda Lutra
Penyerahan secara simbolis bantuan dana stimulan

Bupati Indah mengatakan, pembangunan huntap sudah dimulai pada tahun 2020, tahap pertama sebanyak 50 unit telah diserahkan yang berlokasi di Kelurahan Bone tua. Kemudian berlanjut pada desember 2021 sebanyak 234 unit yang berlokasi di desa Radda dan 42 unit yang berlokasi di desa sepakat.

“Dan hari ini alhamdulillah kita serahkan 83 unit huntap insitu yang dibangun di beberapa desa/kelurahan. Terima kasih kepada pihak aplikator yang telah menyelesaikan huntap di lahan insitu, meskipun memang tidak mudah karena lokasinya yang tersebar. Terima kasih juga atas semua dukungan, khususnya kapada bapak/ibu yang telah menyiapkan lahannya secara mandiri. Karena memang yang memakan proses lebih lama yaitu pengadaan lahan/land clearing,” ujarnya.

Target pemerintah, kata Indah, tahun 2022 ini semua sudah harus tuntas, baik itu huntap untuk penyintas rusak berat maupun penyaluran dana stimulan bagi penyintas yang rumahnya rusak sedang dan ringan. Pemerintah dalam hal penyaluran dana stimulan bersama-sama diawasi oleh Apip, kejaksaan, dan Polres. Hal ini demi memastikan semuanya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.