MAKASSAR – Ustad Das’ad Latif beri tausiah di Mesjid Al Ikhlas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan yang diikuti oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto beserta jajaran pegawai dengan prokes cegah Covid 19, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga : Fadli Ananda Sampaikan Sederet Harapannya di Harlah NU

Dihadapan jamaah Masjid Kanwil Kemenkumham Sulsel, Ustad Das’ad Latif menyampaikan kisah empat Khulafaur Rasyidin yakni pemimpin/khalifah  yang sangat sangat arif bijaksana dan merupakan sahabat Nabi yang terpilih menjadi pemimpin kaum muslimin setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Keempat Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib.

“Keempat sahabat nabi ini mempunyai karakter yang berbeda-beda yang dapat dicontoh oleh umat islam,” Kata Das’ad Latif.

Dalam tausiahnya, Ia menyampaikan bahwa Umar Bin Khattab memimpin kaumnya dengan bijaksana. Ketika jajarannya gagal dan lalai dalam melaksanakan tugasnya maka ia akan secara tegas melakukan evaluasi terhadap penanggung jawab di bidang tersebut.

Hal itu pun dapat dicontoh oleh Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel dengan berkarakter lembut dan tegas terhadap hukum tanpa ada kompromi.

Bahkan dikisahnya, Umar Bin Khattab pun tidak menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi.

Terakhir Ia menyampaikan bahwa ketika kita menjalankan amanah yang diemban dengan baik untuk bangsa dan negara, maka kita telah melakukan Jihad Fisabilillah

“Jika seorang ASN mempersembahkan ilmu dan kemampuan nya untuk bangsa dan negara dengan rajin beribadah, ini sudah menjadi Jihad Fisabilillah,” tutupnya.

Dasad Latif juga memuji Kakanwil kemenkumham Sulsel Harun Sulianto dan jajarannya  yang peduli terhadap pembinaan mental keagamaan dengan menghadirkan penceramah pada sholat Zhuhur berjamaah.

Baca Juga : Pembekalan Diri, Camat Rappocini Beserta Jajaran Ikuti Kajian