LUWU UTARA – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggelar Lomba Promosi Desa Wisata untuk seluruh wilayah Indonesia. Dan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) mendapat kesempatan mengikuti lomba berhadiah total Rp1 Miliar.

Baca Juga : Wujudkan Pembangunan Inklusif di Desa, Kepala Bappelitbangda Lutra Gagas Inovasi Medis Desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Luwu Utara, Misbah, menyebutkan Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong yang terletak di daerah pegunungan akan mewakili Kabupaten Luwu Utara pada lomba Promosi Desa Wisata yang penentuannya melalui aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di playstore.

“Lomba ini sudah dimulai bulan Januari sampai Juni untuk gelombang pertama. Sementara gelombang kedua dimulai pada Juli – Desember 2022, dengan total hadiah Rp1 Miliar,” katanya, Kamis (3/2/2022

Misbah mengatakan, nama desa yang ditunjuk mengikuti lomba terlebih dahulu dikirim melalui WhatssApp Grup (WAG) “Sapa Desa” untuk kemudian mendapatkan bimbingan teknis melalui aplikasi zoom. Setelah itu, desa yang ditunjuk didaftarkan ke alamat website resmi Kemendes PDTT, yaitu https://desawisata.kemendes.go.id.

“Setelah didaftar, kita harus upload lima foto menarik beserta penjelasan promotifnya ke alamat desawisata.kemendes.go.id. Setiap foto harus ada penjelasan promotifnya,” terang Misbahnya.

Setelah terdaftar bersama lima foto paling menarik dari desa wisata, maka kewajiban masyarakat untuk me-like dan men-share untuk mendapatkan like terbanyak.

“Yang mendapat hadiah uang itu mulai juara 1 – 30 yang paling banyak mendapatkan like and share ,” jelasnya.

Sebenarnya, lanjut Misbah, bukan persoalan hadiah yang utama, tapi paling penting bagaimana desa Rinding Allo dapat dikenal di seluruh wilayah Indonesia.