Men

Mendagri Tito Karnavian memberikan pengarahan penanganan pemulihan ekonomi dan inflasi Sulsel di kantor Gubernur Sulsel. (Foto: Dok. Pemprov Sulsel)

 

RAKYAT.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengungkap, ada tiga komoditi yang memberi andil terbesar dalam inflasi di Sulsel.

“Tiga komoditi yang memberi andil terbesar dalam inflasi di Sulsel adalah bensin, angkutan udara dan telur ayam ras,” ungkapnya saat menyampaikan kondisi terkini Sulsel di hadapan Mendagri Tito Karnavian di ruang rapat pimpinan kantor Gubernur Sulsel, Jumat, 27 Januari 2023.

Inflasi di Sulsel, kata Sudirman, berdasarkan data terakhir di bulan Desember 2022 berada di posisi 5,77 persen (Year on Year).

“Untuk penanganan inflasi, Pemprov Sulsel telah menyalurkan bantuan sosial termasuk untuk ojek, UMKM dan nelayan, penciptaan lapangan kerja, hingga subsidi sektor transportasi umum,” tuturnya.

Andi Sudirman memaparkan beberapa capaian sektor ekonomi dan kesehatan di Sulsel. Mulai dari ekspor Sulsel yang naik 40,63 persen atau tembus Rp 34,44 triliun.

Bantuan program Mandiri Benih yang sukses meningkatkan produksi padi menjadi 5,34 juta ton atau naik 4,92 persen. Hal ini membuat Sulsel menjadi daerah dengan surplus besar tertinggi di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Tito memberikan pengarahan penanganan pemulihan ekonomi dan inflasi Sulsel. Diikuti Kepala Daerah 24 kabupaten.