INDIA – Penyanyi Bollywood legendaris sekaligus ikon budaya India, Lata Mangeshkar wafat pada usai 92 tahun, Minggu (6/2/2022) waktu setempat.

Menurut keterangan dokter Lata Mangeshkar, Pratit Samdani, bahwa ‘Nightingale India’ tersebut dirawat di rumah sakit pada 11 Januari setelah tertular COVID-19 dan meninggal karena mengalami kegagalan multi-organ di rumah sakit Breach Candy Mumbai.

Baca Juga: Penyanyi Bollywood Legendaris India Lata Mangeshkar Wafat di Usia 92 Tahun

Kematiannya membuat pemerintah India mengumumkan hari berkabung selama dua hari kedepan, di mana bendara nasional akan dikibarkan dengan setengah tiang di seluruh negeri Bollywood tersebut.

Profil Lata Mangeshkar

Lata Mangeshkar lahir di Kota Indore, di negara bagian Madhya Pradesh, India tengah, pada 28 September 1929.

Lata merupakan putri sulung dari 5 bersaudara yang semuanya adalah penyanyi, yakni Asha Bhosle yang juga salah seorang penyanyi Bollywood terkenal, serta adik laki-laki bernama Hridayanath Mangeshkar dan dua bersaudara Usha Mangeshkar-Meena Mangeshkar.

Lata Mangeshkar menyukai musik dan mempelajarinya sejak usia lima tahun dari ayahnya yang aktif di teater, Deenanath Mangeshkar.

Setelah ayahnya wafat, keluarga Mangeshkar pindah ke Bombay yang saat ini dikenal dengan Mumbai. Di sana, Mangeshkar remaja mulai bernyanyi untuk film-film Marathi.

Selain itu, Lata juga berakting dalam peran kecil dalam beberapa film untuk mendukung keluarganya. Namun, tidak berselang lama, ia berhenti dengan mengatakan jika dirinya lebih senang bernyanyi, karena merasa lebih bahagia.

Pada tahun 1949, Lata menerima terobosan besar, yakno sebuah lagu yang berjudul ‘Aayega Aanawala’ untuk film Mahal.

Selang beberapa dekade selanjutnya, Lata menyanyikan ribuan lagu yang disinkronkan oleh pahlawan wanita terbesar Bollywood dari generasi ke generasi.