MAKASSAR – Kementerian Kesehatan RI bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang disaksikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (07/02/2022).

Baca Juga: Aliyah Mustika Salurkan Bantuan di Hari Ibu: Momen Tepat Beri Perhatian ke Perempuan

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Prof Abdul Kadir, dalam sambutannya memberikan apresiasi bagi Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, berkat dukungannya, sehingga hari ini penandatangan NPDH dapat dilakukan, dengan persiapan anggaran sebesar 1,2 Triliun untuk pembangunan UPT RS Vertikal Kementerian Kesehatan.

“Akan dibangun UPT RS Vertikal yang melingkupi penyakit otak, jantung, dan kanker. Dengan total anggaran 1,2 Triliun. Dan hal ini berkat dukungan dan perjuangan dari Anggota Komisi IX DPR RI, ibu Aliyah Mustika Ilham, sehingga anggaran dapat cair, dan proses dapat dilakukan,” ujarnya.

Berdasarkan NPHD, Pemerintah Prov Sulsel menyerahkan lahan yang berada di kawasan CPI seluas 6,8 hektare, yang nantinya akan dimanfaatkan untuk membangun 3 tower, yakni RS Otak, RS jantung, dan RS Kanker. Tahun 2022 telah dianggarkan 400 Miliar, dan diharapkan dapat segera terserap seluruhnya.

Pembangunan UPT RS Vertikal ini diharapkan selain sebagai pusat layanan, juga nantinya dapat menjadi pusat riset berkoordinasi dengan pihak universitas.

Aliyah Mustika Ilham, dalam kesempatan yang sama menyampaikan rasa terima kasih, karena masih diberi ruang untuk memperjuangkan hak masyarakat, khususnya masyarakat Sulawesi Selatan, dan masyarakat Indonesia Timur untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

“Ini tentunya bukan kerja-kerja saya sendiri, bersama rekan lainnya di Komisi IX DPR RI, bersama memperjuangkan kehadiran RS ini, sebagai persembahan kami putra putri Sulawesi Selatan, tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sulawesi Selatan,” ujarnya.