Sungguminasa – Bupati Gowa, Adnan Puricha IYL, membuka kegiatan Program Rehabilitasi Sosial tahap I Lapas Narkotika Sungguminasa Kemenkumham Sulsel di Aula Lapas, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Apresiasi Kegiatan PHBS untuk WBP Lapas Makassar

Dalam sambutan pembukanya, Adnan menyampaikan dukungan, menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan program rehabilitasi sosial ini.

“Kalo kita ingin membangun SDM yang baik maka tentu SDM tersebut harus terlepas dari bayang-bayang narkotika. Karena bisa merusak generasi bangsa dan jika kita ingin menghentikan maupun menekan laju masyarakat yang terpapar narkoba, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi semua pihak,” ujar Bupati Adnan.

Adnan berharap, program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta ke depannya generasi anak bangsa yang sudah terjerumus dapat menjadi baik.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi, mewakili Kepala Kantor Wilayah dalam sambutannya mengatakan, saat ini ada 10 UPT Lapas dan Rutan yang melaksanakan kegiatan rehabilitasi dan sekarang merupakan pelaksanaan kelima.

Kadivpas Edi minta, setelah selesai rehabilitasi selama 6 bulan, para peserta dapat menjadi relawan dan duta–duta anti narkoba yang bisa membantu rekan–rekannya agar tidak menggunakan narkoba.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BNNP Sulsel, Ghiri Prawijaya berpesan pada para peserta rehabilitasi, tidak ada dokter yang bisa menyembuhkan saudara.

“Hanya dengan niat baik dan untuk menjaga nama baik saudara, orang tua dan keluarga yang akan menyembuhkan saudara. Kesembuhan itu sendiri letaknya ada pada diri masing–masing,” pesannya.

Sementara, Kalapas Narkotika Sungguminasa, Andi Mohammad Syarif dalam laporannya mengatakan, kegiatan Rehabilitasi Sosial dilaksanakan dalam dua tahap yang diikuti oleh 440 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kegiatan ini dapat terlaksana, tentunya melalui sinergi antara Lapas Narkotika Sungguminasa dengan BNNP Sulsel dan Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI) Sulsel,” kata Kalapas Syarif.