JAKARTA – Tradisi Prestasi yang ditorehkan sejak masa Kepemimpinan Danny Pomanto terus berlanjut. Baru menjabat kembali selama 2 bulan, Danny Pomanto kembali membawa Kota Makassar mendapatkan penghargaan rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) ketiga kalinya tertinggi di Sulawesi Selatan  dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Hotel Bidakara-Jakarta, Kamis 22 April 2021.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo untuk kategori Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) dan LHE Penilaian Mandiri dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB)tahun 2020

Sekretaris Daerah, M. Ansar yang menerima Langsung Penghargaan tersebut di Jakarta mengatakan sangat bersyukur meraih penghargaan tersebut meskipun masih mendapatkan nilai B.

“Nilai B yang kita dapatkan didapatkan sejak diPimpin Bapak Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan mendapatkan Nilai Tertinggi, 3 Tahun berturut turut di Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2018,2019, dan tahun 2020. Paling tidak tahun depan kita dapat nilai BB karena sisa butuh Angka 1,29 (satu koma dua Sembilan) dan Bisa Mendapatkan tambahan Dana DID. Kita masih ada kekurangan yang harus kita benahi. Kita perlu belajar dari Yogyakarta yang mendapat nilai AA,” ucap pria disapa Ansar itu.

Sedangkan Menurut Kepala Inspektorat Kota Makassar Zainal Ibrahim “Tujuan Evaluasi SAKIP ini adalah untuk menilai tingkat Akuntabilitas Kinerja atau Pertanggung Jawaban atas hasil (Outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented Government), Hasil Evaluasi SAKIP dengan untuk Kota Makassar Tahun 2020 dengan Nilai 68,82 atau dengan Predikat (B) Menunjukkan tingkat efektifitas dan Efisiensi penggunaan anggaran sudah Cukup baik jika dibandingkan dengan Capaian kinerja. Hal ini disebabkan kualitas pembangunan Budaya kinerja Organisasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Kota Makassar sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. Inspektorat Sebagai Tim Penilai Internal Sudah mengawal kegiatan ini dengan maksimal  dengan memberikan Pemahaman terkait SAKIP dan PMPRB kepada seluruh SKPD, bahkan mendatangkan narasumber Langsung dari Kementerian PAN dan RB di Jakarta. Insya Allah Inspektorat dan Bagian Ortala Setda serta seluruh SKPD di jajaran Pemerintah Kota Makassar Siap Mengawal Nilai SAKIP dan RB Bisa naik Menjadi BB Bahkan A tahun 2021 sesuai arahan Bapak Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto”