JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 batal mengikuti ajang piala AFF U-23 di Kamboja setelah 8 orang dikonfirmasi positif COVID-19, Jumat (11/2/2022) pagi WIB.

Dalam pernyatan resmi PSSI, pernyataan tersebut terjadi akibat 7 orang pemain dan seorang oficial tim positif COVID-19. Selain itu, terdapat 4 pemain lainnya yang masih menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan yang terpapar virus.

Baca Juga: Jelang Piala AFF, Shin Tae Yong Ungkap Kondisi Timnas U-23

Tak hanya itu, cedera yang menghantui sejumlah pemain di dalam skuad asuhan Shin Tae-yong juga menjadi bahan pertimbangan pembatalan tersebut.

Oleh karena itu, Coach Shin sapaan akrab Shin Tae-yong menyurati PSS dan mengusulkan agar membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 kali ini.

Alhasil, setelah melalui pertimbangan oleh sejumlah pihak, Sekjen PSSI, Yunus Nusi kemudian mengumumkan pembatalan keikutsertaan Indonesia dalam ajang piala AFF U-23 tersebut. Ia juga mengatakan jika pihaknya akan fokus dalam pemulihan pemain serta oficial yang terpapar virus serta dengan pemain yang cedera.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maag kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami,” ujar Yunus dalam lama resmi PSSI.

Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena COVID-19 dan yang mengalami cedera,” ujarnya.

Indonesia dipastikan batal untuk mempertahankan perdikat juara bertahan dari piala AFF U-23, setelah pada edisi sebelumnya berhasil keluar menjadi juara pertama setelah mampu mengalahkan Thailand di Final.

Baca Juga: 7 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19

Pada edisi kali ini, Indonesia tergabung dalam Gurp B bersama dengan Malaysia, Myanmar dan Laos, dan akan menghadapi pertandingan pertama mereka pada Selasa (15/2) menghadapi Laos.