BULUKUMBA– Pembangunan bendungan besar yang akan dilakukan oleh Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf guna menunjang perekonomian diberbagai bidang khususnya sektor pertanian, di kawasan Puncak Donggia Desa Kahayya Kecamatan Kindang, Minggu (13/02/2022).

Baca juga: Bagikan Bibit Unggul, Andi Utta: Penting Reformasi di Bidang Pertanian

Rencana tersebut ditindak lanjuti oleh, Bupati Bulukumba, mengingat manfaat yang diberikan jika bendungan di ketinggian 1.400 mdpl ini terbangun, akan menunjang empat sektor, yaitu pengairan irigasi, penyediaan air minum PDAM, pembangkit listrik tenaga hidro dan sektor pariwisata.

Terkait perencanaan dan anggarannya, Andi Utta mengaku telah melakukan koordinasi secara intens dengan pemerintah provinsi dan pusat. Saat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkunjung di Bulukumba pekan lalu, Ia mengutarakan  rencana tersebut, dan akan berkoordinasi dengan Menteri PUPR.

Begitu pula saat Plt Gubernur Sulawesi Selatan berkunjung di momentum Hari Jadi Bulukumba, Andi Utta mengaku telah membicarakan secara intens rencana pembangunan bendungan di Kahayya tersebut.

“Pak Gubernur juga serius, makanya dia sudah menurunkan tim teknisnya untuk meninjau langsung lokasi rencana pembangunannya,” ungkapnya.

Beberapa hari kemudian, Seksi Perencana Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Selatan, Sakirah berkunjung ke Bulukumba, untuk meninjau langsung lokasi di Kahayya didampingi Kepala Dinas PUPR Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya bersama rekan-rekannya.

Andi Zulkifli mengaku secara visual untuk membangun bendungan di lokasi tersebut sudah layak. Namun, secara teknis masih harus dilakukan Feasibility Studi (FS) atau kajian tentang dapat tidaknya proyek ini dilaksanakan di Kahayya. Jika terealisasi pembangunan ini pun harus melalui beberapa tahapan proses.

“Jika FS-nya merekomendasikan layak dibangun, maka selanjutnya akan dibuat desain teknisnya untuk ditawarkan penganggarannya baik di provinsi maupun di pusat,” imbuhnya.