SELAYAR – Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan penemuan sejumlah tulang ikan raksasa di Dusun Kawau, Desa Garaupa, Kecamatan Pasilambena, Selayar, Senin (14/2/2022).

Dalam penemuan sejumlah tulang ikan itu, bahkan dilaporkan terdapat gigi yang memiliki ukuran setara dengan tinggi orang dewasa. Saat ini, penemuan itu diamankan di kantor Camat setempat.

Baca Juga: Wabup Saiful Lantik Pejabat Pemkab Kepulauan Selayar

Camat Pasilambena Selayar, Patta Bau, mengatakan bahwa dirinya memastikan jika penemuan tulang tersebut ialah berasal dari tulang ikan raksasa, namun belum diketahui jenis ikan apa.

“Jadi sementara kita pastikan tulang ikan raksasa, namun kita belum memastikan ini tulang ikan apa,” kata Petta Bau dilansir dari detikcom.

Warga Selayar Temukan Tulang Ikan Raksasa, Gigi Seukuran Orang Dewasa
Sepasang gigi ikan raksasa ditemukan di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. (Ist)

Petta Bau menjelaskan, bahwa tulang ikan raksasa ini ditemukan oleh warga yang sedang menyisir di sekitar pelabuhan.

“Jadi ada warga yang menyisir pantai dekat pelabuhan. Jadi ada pelabuhan, sekitar 200 meter ke timur. Dilihat dari jauh, menarik perhatian, sehingga dia dekati. Setelah didekati, dilihat, banyak tulang ikan raksasa,” jelasnya.

Petta Bau menuturkan, bahwa sehari setelah penemuan itu baru dilaporkan warga yang bernama Hasan ke kantor Camat setempat.

“Nah, itu satu hari berikutnya yang menemukan Pak Hasan menuju ke Kecamatan, melaporkan kepada saya,” urai Petta Bau.

Dalam penemuan tulang ikan raksasa itu, kata Petta, terdapat sepasang gigi ikan yang memiliki ukuran satu meter lebih, atau ukuran setinggi orang dewasa.

“Salah satu yang bisa saya sebut adalah giginya. Giginya itu lengkap kanan kiri ukuran 1 meter lebih dan tulang belakang. Sama tinggi orang dewasa,” ungkap Patta.

Lebih lanjut, Petta menegaskan, bahwa sejumlah potongan tulang ikan raksasa tersebut memiliki jumlah kurang lebih sebanyak 11 potongan.

“Sudah terpisah-pisah di pinggir pantai. Sudah 11 potongan,” katanya.