LUWU UTARA – Penyerahan kunci Hunian Tetap (Huntap) oleh Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani yang didampingi Sekda Luwu Utara, Armiady kepada 43 Kepala Keluarga (KK) dilaksanakan di Dusun Petambua, Desa Radda, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga : Kunjungi Penderita Lumpuh Layu, Bupati Lutra: Segera Berikan Penanganan

Dalam kesempatan itu, Indah meminta kepada penerima Huntap agar tidak memperjualbelikannya, tetapi dirawat dengan baik.

“Karena sifatnya stimulan maka tolong dihuni, dibenahi, dan dipelihara dengan baik. Saya berharap satu masalah ini kita selesaikan, setelah ini kita distribusikan lagi segera huntap yang ada di lahan ex Tomakaka yang telah dibebaskan oleh Pemda. Lebih cepat lebih baik,” pintanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyepakati penerima huntap, berdasarkan kriteria dalam musyawarah mufakat bersama pemerintah desa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menentukan sendiri prioritas penerima huntap berdasarkan kriteria yang ada dalam musyawarah mufakat bersama Pemerintah Desa,” ucapnya.

Sementara itu salah satu penerima huntap mewakili Ayahnya yang sudah meninggal, penuh haru menerima kunci huntap, terlebih Ia dan keluarga mendapat hunian paling depan yakni di Blok A.

Diketahui pada 31 Desember 2021 lalu, 276 unit huntap untuk penyintas banjir bandang resmi diserahkan aplikator ke Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. Baik insitu maupun exsitu.

276 unit huntap bantuan BNPB tersebut berada di dua lokasi yakni 234 unit di Desa Radda Kecamatan Baebunta diserahkan aplikator pelaksana dari PT. Sakura Makmur Lestari, dan 42 unit huntap di Desa Sepakat Kecamatan Masamba yang diserahkan aplikator PT. Global Trijaya.

Pada 04 Februari 2022 lalu, 83 penyintas banjir bandang juga resmi menerima kunci huntap insitu atau dibangun di lahan yang disediakan secara mandiri oleh masyarakat.