Makassar – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Aryati Puspasari, mengajak masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri demi kebersihan lingkungan Kota Makassar.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Camat Tallo Gelar Kerja Bakti

Dinas Lingkungan Kota Makassar, memiliki beberapa program pioritas yakni, Tata Kelola Total Persampahan, Koridor Hijau, Pengelolaan Sampah Listrik dan Penumbuhan Taman, namun ia lebih fokus mengelola sampah dan menghabiskan sampah di Kota Makassar.

Aryati menjelaskan, tata kelola persampahan untuk tahun ini akan diaktifkan kembali Bank Sampah. Pada tahun 2018 menghasilkan 1.000 Bank Sampah, karena pandemi turun hingga 60 persen secara signifikan, olehnya itu tahun ini Bank Sampah diaktifkan kembali.

Lanjut, untuk pengelolaan sampah perlu adanya kolaborasi dengan berbagai Mitra seperti BUMN, Perusahaan Swasta dan Komunitas, agar masyarakat teredukasi dari sumber sampah.

Olehnya itu, pengurangan sampah 30% dan pengelolaan sampah 70% artinya pemerintah harus bergerak di sumber sampah.

“Kita semua ini adalah sumber sampah, jadi mengedukasinya kita harus memilah sampah atau meminimalkan timbulan sampah untuk disalurkan ke Bank Sampah agar bernilai ekonomi,” kata Aryati kepada Wartawan rakyatdotnews, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: Dinas Perdagangan Sulsel: Pengembangan Ekspor Pulihkan Ekonomi Sulsel 2022

Ia juga mengungkapkan, menjaga kebersihan merupakan hal utama yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan untuk menjaga lingkungan sekitar dibutuhkan keterlibatan dari semua pihak.

Program prioritas tersebut memiliki anggaran yang besar dari APBD, DAK, dan Investor. Ia mengatakan, pemerintah Dinas Lingkungan tidak bisa sendiri dalam mengelola dan menghabiskan sampah, jadi perlu ada sumbangsi dari pihak lembaga lain.

“Kami berharap semoga masyarakat Kota Makassar peduli dengan sampah karena kita semua ini adalah penghasil sampah, jadi masyarakat harus meningkatkan kesadaran agar tidak buang sampah disembarang tempat,” harapnya.

Baca Juga : Peduli Lingkungan, Camat Tallo Gelar Kerja Bakti