SIDRAP – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengungkapkan jika total keuangan Provinsi Sulsel yang dikucurkan ke Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) sejak tahun 2019 hingga 2022 yakni sebesar Rp 234 miliar lebih.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang hadir bersama Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka 678 tahun Kabupaten Sidrap dengan tema “Ekonomi Bangkit, Sidrap Kuat”, Jum’at (18/2/2022).

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel sambut Kedatangan AHY di Makassar

“Sidrap sudah berumur 678 tahun dan di tahun ini juga provinsi Sulsel telah melakukan sinergitas pembangunan di Sidrap. Secara khusus, Alhamdulillah sudah tercatat sampai tahun ketiga kami, sudah Rp 234 miliar APBD Provinsi ke Sidrap,” kata Andi Sudirman.

Selain itu, ia menyerahkan bantuan keuangan daerah sebesar Rp6 miliar. Bantuan ini ditujukan untuk pembangunan jembatan dan rehabilitasi daerah irigasi. Tahun ini juga terdapat anggaran kurang lebih sebesar Rp66 miliar, termasuk diantaranya untuk pembangunan infrastruktur jalan ruas Pangkajene – Soppeng, Pembangunan jembatan sungai Malake, dan penyelesaian pembangunan Rest Area.

Andi Sudirman juga berharap Sidrap tetap sebagai sentra produksi beras bagi Sulsel dan Nasional, demikian pula dengan komoditas peternakan ayam petelur. “Harapan kita semunya, Sidrap ini selalu menjadi ujung tombak dalam kedaulatan pangan di Sulsel,” sebutnya.

Lanjutnya, tahun ini akan dihasilkan benih unggul yang ditangkar oleh Pemprov Sulsel. Penanaman benih ini pun melibatkan petani penangkar. Rencananya, hasil dari benih ini akan dibagikan gratis ke petani.

Tidak ketinggalan, Plt Gubernur tetap mengingatkan untuk dilakukan vaksinasi terutama bagi lansia dan tetap memperketat protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, Bupati Sidrap, Dollah Mando menyebutkan, menyebutkan pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek termasuk pertumbuhan ekonomi. Ia juga menyampaikan, mewakili pemerintah dan masyarakat Sidrap ucapan terima kasih kepada Pemprov dan Plt Gubernur Sulsel, atas dukungan pembangunan di Sidrap utamanya bidang infrastruktur.