JAWA TENGAH – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Gedung Mako Polresta Surakarta, Gedung Satpas SIM Polres Sukaharjo, Gedung Satpas SIM Polres Wonogiri, Rusun Polresta Banyumas, Rusun Polres dan Solo Smart di Surakarta, Jumat (18/2/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan transformasi pelayanan bagi publik, sehingga pelayanan yang baik bisa dirasakan bagi masyarakat.

Baca Juga: Laksanakan Peninjauan Vaksinasi, Kapolri Pastikan Masyarakat Terima Vaksin

Mantan Kabasreskrim Polri tersebut menjelaskan, konsep yang dipakai dalam Solo Smart City merupakan perpaduan antara pihak kepolisian dengan seluruh elemen pemerintah di Surakarta.

Lebih lanjut, baginya Polri dan Pemerintah Kota (Pemkot) akan bersatu untuk memberikan pengabdian dan pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di bidang informasi.

“Untuk kemudian bersama-sama bisa memberikan pelayanan yang bersifat Command Center, Emergency Command Center terhadap peristiwa yang terjadi dan kemudian membutuhkan pelayanan cepat,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolda Jabar Tinjau Lokasi Lahan Untuk Gedung Polres Pangandaran

Sigit membeberkan, dengan adanya sistem integrasi, pelayanan terhadap masyarakat membutuhkan, akan mendapatkan proses bantuan yang lebih cepat.

“Dimana masing-masing fungsi dengan satu sistem pelayanan yang ada ini kemudian terkoneksi dengan cepat. Anggota-anggota yang di lapangan melakukan langkah mulai dari mencari, mengamankan, menangkap pelaku dan secara cepat melakukan pemadaman. Ini bisa kita laksanakan dengan baik dan itu semua karena adanya kolaborasi dan integrasi yang kita laksanakan,” ucap Sigit.

Menurut Sigit, sistem integrasi ini dilakukan di solo dikarenakan semua elemen terlibat telah siap untuk bersinergi guna memberikan pelayanan serta pengabdian kepada masyarakat yang jauh lebih baik.

Baca Juga: Program Prioritas Dispora Sulsel, Pembinaan Atlet dan Pelatih Hingga Pembangunan Sarana Olahraga

“Yang paling penting adalah bagaimana kemudian Solo Smart City betul-betul sebagai bentuk pelayanan publik yang dirasakan masyarakat Solo. Sehingga membuat Solo semakin nyaman, aman dan ngangenin, sebagai destinasi wisata dan  destinasi-destinasi lain yang akan memanfaatkan Kota Solo yang telah memiliki konsep ini,” tutupnya.