JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) mengatakan, Ibu Kota Negara (IKN) akan dibuat senatural mungkin dan mempertahankan ekosistem hutan yang ada saat ini. Sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada hutan.

Baca Juga : 5 Fakta Pemindahan IKN Baru 2024 Mendatang

Berikut, 3 alasan jokowi mengatakan IKN tidak akan merusak hutan.

1. Pemerintah Akan Membangun IKN yang Ramah Lingkungan.

Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, IKN akan didesain sesuai dengan ekosistem dan permukaan tanah yang ada.

“Sehingga sekali lagi kembali kepada IKN, karena di sana adalah perbukitan, berbukit-bukit, desainnya juga menyesuaikan dari bukit itu, dari permukaan tanah yang ada,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, tidak hanya menyesuikan pada permukaan tanah, tapi pembangunan IKN akan disesuaikan dengan area tepian air.

“Kemudian area tepian air juga akan dibuat senatural mungkin dan ekosistem hutan yang ada saat ini,” lanjutnya.

2. Ekosistem yang Rusak Akan Diperbaiki

Ia menambahkan, beberapa ekosistem yang rusak akan direhabilitasi.

“Ada beberapa yang sudah rusak justru akan kita rehabilitasi. Jangan sampai ada anggapan kita ke sana untuk merusak hutan. Yang kita pakai ini 256 ribu hektar, nantinya kurang lebih 50 ribu hektar yang dipakai, sisanya yang 200 ribu memang akan dibiarkan sebagai hutan hijau, yang jelek akan kita perbaiki,” tambahnya.

3. Pemerintah Akan Fokus Persemaian dan Pembibitan Pohon.

Ia menuturkan, kita akan membuat nursery tempat persemaian dan pembibitan pohon.

“Yang kita bangun pertama di sana adalah nursery, tempat persemaian pembibitan pohon yang produksinya setahun kurang lebih 20 juta bibit atau benih. Nanti yang menjelaskan adalah Bu Siti Nurbaya yang saat ini tadi juga bisikin ke saya ‘Pak nursery-nya hampir selesai,” tutupnya.

Baca Juga : 2 Alasan, Jokowi Resmikan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan