MAKASSAR – Walikota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto membagikan ilmu kepemimpinan di hadapan 64 peserta Latpim nasional tingkat II Angkatan IX yang digelar Puslatbang KMP Lan RI, di LAN Antang, Sabtu (29/5/21).

Dalam arahannya di hadapan peserta latpim Danny menyebut bahwa kepemimpinan itu memiliki arti tanggung jawab yang sangat besar.

“Dalam tanggung jawab ada kata jawab artinya pemimpin itu harus menjawab. dapat menjawab dan menampung keluhan warga. Jadi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengenal medan nya,” ucap Danny.

Kata Danny ada beberapa tipikal kepemimpinan yang harus dimiliki seorang pemimpin yakni pemimpin yang bisa merasakan kebutuhan rakyat sebelum rakyat bicara. Pemimpin yang bisa menyentuh hati rakyatnya. Maka masyarakat akan lebih respect.

Danny juga mengatakan saat kepemimpinannya  di periode pertama ia menciptakan Home Care yang hingga saat ini sangat membantu warganya hingga ke lorong-lorong.

“Saya merancang sistem yang murah. Karena saat itu uang pemerintah tidak cukup. Maka menjawab pertanyaan itu lahirlah sebuah program Home Care. Inovasi kami masuk 10 besar di Asia. Program ini apkikasi asian networks. Telemedicine menjadi program indonesia inspirasi makassar. Menjawab harapan orang miskin  yang sakit dengan sistem smart city,” jelasnya.dihadapan peserta Latpim.

Selain itu  juga ada program andalan yakni Jagai Anakta. Program berfokus memberikan edukasi dan pengawasan orang tua pada anak-anak sejak dini dari dalam rumah.

Program ini diharapkan dapat meminimalisir adanya peluang kejahatan yang dilakukan anak dibawah umur karena pergaulan ataupun tekanan psikologis anak.

Dan program ini diapresiasi oleh peserta Latpim dari Kalimantan Utara (Kaltara).

“Saya sangat apresiasi program pak wali soal jagai anakta. Saya akan bawa ini dan coba terapkan di Kaltara,” sebutnya.