BULUKUMBA – Kepala Desa (Kades) Buhung Bundang, Mashuri Kurniawan memuji pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bontotiro tahun anggaran 2023 yang digelar di halaman Kantor Camat Bontotiro, Selasa (22/02/2022).

Baca juga: Dodol Aksata Sampai Kemancanegara, Andi Utta Dorong Lebih Berkembang

Mashuri menyebut, pelaksanaan Musrenbang kali ini, sebagai penanda untuk mencerminkan gaya kepemimpinan Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf.

“Barusan Musrenbang tidak dilaksanakan di dalam ruangan. Ini menandakan bahwa Pak Bupati, Andi Utta adalah Pemimpin terbuka,” ujarnya.

Menurut Mashuri, salah satu bukti kepemimpinan terbuka adalah bupati saat ini meminta agar semua permasalahan yang ada di desa untuk disampaikan, dengan mengurai permasalahan secara sistematis dan teroganisir.

“Dari dulu kan konsepnya beliau begitu. Artinya bahwa apapun persoalan selalu punya jalan keluar. Sepanjang dicari jalan keluarnya dan open government Itu yang menurut kami kepemimpinan beliau terbuka,” ujarnya.

Ia menambahkan, Musrenbang digelar di luar gedung dengan sistem terbuka berdampak pada keterlibatan semua pihak untuk merancang pembangunan secara partisipatif.

“Malam tadi, Pak camat perintahkan agar kepala dusun dihadirkan untuk berdialog langsung dengan Pak Bupati. Makanya, Andi Utta sampaikan bahwa inovasi bisa muncul dari kita semua,” katanya.

Mashuri bangga karena Bontotiro Bulukumba, sebagai salah satu daerah yang punya datuk dari tiga datuk yang pernah menyiarkan agama Islam di Sulsel. Olehnya ia meminta agar ke depan Pemkab melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan agama dan budaya di Bontotiro.

“Janganki melupakan sejarah!. Saya harap ke depan kita melaksanakan napak tilas di sana (sekitar mesjid dan makam Dato Tiro) pada setiap 1 Muharram. agar ada kebanggaan,” tuturnya.

Sementara, Andi Utta meminta semua pihak untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.