RAKYAT.NEWS, Manado – Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Manado dilaporkan dievakuasi akibat banjir yang melanda daerah setempat sejak, Jumat, 28 Januari 2023. Banjir dipicu hujan dengan intensitas tinggi terjadi di sana.

“Petugas Lapas harus mengevakuasi warga binaan dan sejumlah inventaris kantor,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, I Putu Murdiana dalam keterangan tertulisnya dilansir dari Tempo.co, Sabtu, 28 Januari 2023.

Sejumlah fasilitas Lapas seperti gedung perkantoran, blok hunian, halaman kantor hingga rumah dinas pegawai dikurung air. Narapidana yang sebelumnya mendiami blok lantai satu Lapas dipindahkan ke lantai dua.

“Sejauh ini kami sudah lakukan evakuasi dan pemindahan warga binaan ke lantai dua yakni, blok A dan B.l,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Manado Marulye Simbolon.

Marulye mengatakan hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan SAR, BNPB, Polri dan TNI serta stakeholder lain untuk upaya penyelamatan. Selain telah memindahkan warga binaan ke tempat lebih aman di lantai dua Lapas, Marulye mengatakan pihaknya juga telah diamankan sejumlah barang berharga.

Sumber: Tempo.co