BULUKUMBA- Bibit Unggul menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Bulukumba era kepemimpinan Bupati, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf di sektor pertanian, khususnya pada komoditas buah-buahan, Rabu (24/02/ 2022).

Baca juga:
Andi Utta, Harap Bibit Unggul Mampu Sejahterakan Masyarakat Bulukumba
Kades Buhung Bundang: Andi Utta punya Gaya Pemimpin Open Government

Bupati, Muchtar Ali Yusuf mengaku untuk meningkatkan nilai tambah produk buah pertanian Bulukumba maka solusi terbaik adalah reformasi pertanian dengan mengganti tanaman buah yang tidak berkualitas dengan bibit unggul. Hanya dengan peremajaan tanaman buah, merupakan satu-satunya cara untuk menghasilkan buah yang berkualitas dan memiliki nilai jual ekspor.

“Jika masih mangga kecut itu yang dipertahankan, kapan kita menghasilkan pendapatan yang lebih besar? apakah mangga itu akan berubah manis 5 tahun mendatang,” ucapnya.

Andi Utta sapaan akrabnya berharap masyarakat Bulukumba harus merubah mindset terkait penanaman bibit unggul ini. Dikatakan program ini sudah harus dimulai dari sekarang dan dilakukan secara massif dengan memanfaatkan lahan secara maksimal.

Olehnya itu pemerintah desa melalui dana desa juga diharapkan dapat melaksanakan program bibit unggul yang bersertifikat dan dibagikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

“Jika di negara Asia lainnya seperti Thailand dan Malaysia mampu mengekspor buah-buahan yang berkualitas, mengapa kita di Indonesia atau Bulukumba tidak bisa. Padahal kita memiliki potensi lahan yang sama,” tambahnya.

Khusus Kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale, Andi Utta mengharapkan kedua wilayah ini akan menjadi sentra komoditas buah-buahan unggulan seperti durian, nangka, dan mangga. Lebih lanjut dikatakan dengan bibit unggul ini pendapatan masyarakat di sektor pertanian akan meningkat berkali lipat.