JAKARTA – Anak yang terkena penyakit radang tenggorokan biasanya disertai demam, batuk dan pilek. Namun, ada obat yang aman untuk anak.

Menurut informasi, radang tenggorokan menjadi salah satu gejala infeksi SARS-CoV-2 varian Omicron.

Baca Juga : Pasien Varian Omicron Bisa Lebih Cepat Sembuh Daripada Varian Delta

Menurut Dokter Spesialis Anak, Mulya Rahma Karyanti mengatakan, gejala tersebut juga dialami anak yang positif covid-19.

“Biasanya memang gejala diawali dengan demam atau batuk pilek, tapi ketika batuk-pilek enggak membaik, orang tua patut curiga. Banyak yang tidak sadar kalau positif,” kata Karyanti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (24/02).

Berikut 5 obat yang aman untuk anak…

1. Air Humidifier

Dilansir dari Healthline, humidifier atau cool mist akan memberikan kelembapan di udara sehingga rasa sakit atau nyeri akibat radang tenggorokan bisa berkurang.

2. Paracetamol

Obat Paracetamol dapat menjadi pertolongan pertama bagi anak sebab mengurangi rasa nyeri dan demam.

“Radang itu kan ada proses infeksi, lalu dia meradang jadi nyeri dan demam. Untuk pertolongan pertama bisa diberikan Paracetamol. Kalau 3 hari enggak membaik, tambah ada sesak napas, cek dengan alat saturasi. Kalau saturasi di bawah 96 segera berobat,” jelasnya.

3. Ibuprofen

Selain paracetamol, Ibuprofen juga menurunkan demam pada anak. Namun, sebaiknya orang tua tidak memberikan antibiotik sebab radang tenggorokan belum tentu disebabkan bakteri.

4. Minumam Hangat

Minuman hangat akan membantu memberikan rasa nyaman di tenggorokan maupun badan terlebih saat anak alami radang tenggorokan yang disertai demam.

5. Kumur Air Garam

Anak yang berusia 6 tahun ke atas dapat berkumur air garam. Cara ini terbukti mengurangi rasa sakit radang tenggorokan.

Baca Juga : Ivan Gunawan Diet 40 Kg, Berikut Tipsnya

Pilihan Video