TEKNOLOGI – Samsung Galaxy S22 adalah tambahan terbaru untuk daftar smartphone Samsung serta Galaxy S22 Plus dan Galaxy S22 Ultra.  Dalam perbandingan ini kita akan melihat Samsung Galaxy S22 vs Samsung Galaxy S21, untuk melihat apakah Anda harus membeli bendera S-range terbaru, atau menghemat uang pada smartphone yang lebih lama.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 vs Samsung Galaxy S21

Galaxy S22 dan bagian depannya mungkin terlihat serupa tetapi tampilan di tangan akan berbeda. Meskipun Galaxy S21 memiliki struktur plastik, struktur kaca dan bingkai logam Galaxy S22 yang baru terasa sangat berharga. Keduanya memiliki desain built-in dimana modul kamera menghubungkan modul kamera ke bagian luar kabel. Anda mendapatkan Gorilla Glass Victus + pada bendera baru, yang seharusnya memberi Anda keturunan yang panjang. Kedua smartphone ini menawarkan ketahanan IP68 terhadap air dan debu.

Samsung Galaxy S22
Samsung Galaxy S22

Layar Galaxy S22 lebih ringkas dibandingkan Galaxy S21. Sementara yang terbaru adalah tablet kompak, Galaxy S22 memotong 0,1 inci dari layar untuk menyediakan layar AMOLED Dinamis 6,1 inci. Keduanya menawarkan kecepatan refresh hingga 120Hz untuk transisi UI sistem yang mulus dan kinerja game yang luar biasa. Namun, keduanya turun ke 48Hz dan bukan 1Hz seperti Galaxy S22 Ultra yang lebih mahal.

Sebuah desain baru yang lebih pendek dan lebih tipis akan membantu orang-orang dengan lengan yang lebih kecil untuk merasa lebih baik di tangan. Anda harus mendapatkan arsitektur premium, desain yang lebih terintegrasi, standar IP yang sama, dan tampilan yang sama pada Galaxy S22 baru. Meskipun seseorang dapat memilih untuk membuat kaca, harus dicatat bahwa struktur plastik Galaxy S21 mungkin tahan terhadap tetesan.

Modul kamera Galaxy S22. Andy Boxall / Tren Digital
Modul kamera Galaxy S22. Andy Boxall / Tren Digital

Baik Galaxy S22 dan Galaxy S21 adalah perangkat yang luar biasa. Seperti yang anda duga, mereka diperkuat dengan chipset berkualitas tinggi dari berbagai usia. Galaxy S21 ditenagai oleh Snapdragon 888. Di sisi lain, Galaxy S22 ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen 1.G yang kuat.Galaxy S21 tampil sangat baik tahun lalu dan menerima ulasan yang baik. Kami tidak memiliki satu gelombang aktivitas atau pun dalam game – dan kami berharap Galaxy S22 melanjutkan performa luar biasa ini. Ada banyak RAM dengan 8GB terpasang dan Anda mendapatkan penyimpanan 128GB atau 256GB, bahkan jika Anda tidak mendapatkan kedua slot kartu MicroSD. Namun, seharusnya tidak ada stutter di UI atau lag saat bermain game atau melakukan banyak hal.

Yang mengatakan, itu mungkin tidak bertahan lama karena daya baterai rendah. Galaxy S22 memiliki baterai 3.700mAh dibandingkan dengan paket Galaxy S21 4.000mAh. Ini bisa menjadi pertanda yang mengkhawatirkan, terutama mengingat masa pakai baterai Galaxy S21 tidak luar biasa. Tingkat penyegaran berdasarkan kondisi dan keefektifan shift baru dapat membantu, tetapi kami akan mempertahankan penilaian kami mengenai masa pakai baterai untuk tinjauan lengkap kami.

Sementara perusahaan meningkatkan dukungan pengisian cepat Ultra-speed ke 45W, Galaxy S22 tetap 25W. Tetapi karena smartphone baru memiliki baterai yang lebih kecil, ia seharusnya mengisi daya lebih cepat daripada Galaxy S21. Namun, ini adalah bahasa Thailand sampai kami mendapatkan lebih banyak waktu dengan Galaxy S22.

Ini adalah area lain di mana Galaxy S22 menonjol di Galaxy S21. Meski kedua smartphone bermain dengan tiga kamera belakang, namun lensanya berbeda. Samsung Galaxy S22 memiliki kamera utama 50 megapiksel, sedangkan S21 memiliki lensa inti 12MP. Sedangkan untuk kapasitas ultra-wide-angle, kedua perangkat menggunakan lensa ultrawide 12MP yang sama. Di bagian depan, ada senapan 10MP (f / 2.2) untuk kedua perangkat.

Samsung Galaxy S22 vs Samsung Galaxy S21

Bagian telefoto menjadi hal yang menarik. Samsung menurunkan jumlah megapiksel ke flagship vanilla terbaru. Game Galaxy S22 adalah senapan 10MP dengan zoom 3x penuh, sementara Anda mendapatkan sensor 64MP piksel 64x di Galaxy S21. Seperti disebutkan sebelumnya, jumlah megapiksel bukanlah segalanya, dan kualitas lensalah yang menentukan hasil keseluruhan. Smartphone baru ini memiliki sensor yang lebih besar yang memungkinkannya menyerap lebih banyak cahaya, yang masuk akal.

Kamera baru mungkin bekerja lebih baik daripada Galaxy S21, yang sudah memiliki kualitas gambar yang mengesankan. Anda mendapatkan warna dan kejernihan yang bagus dalam kondisi cerah, dan perangkat dikeraskan oleh cahaya redup. Namun, dengan optik baru, kami mengharapkan kinerja kamera yang lebih baik dalam situasi sulit. Anda juga akan mendapatkan hasil bokeh yang lebih baik, berkat peta stereo dalam yang menghasilkan gambar lebih baik.

Anda mendapatkan fitur Samsung seperti Zoom Lock dan Manager Mode di kedua perangkat. Meskipun kemampuan zoom optik telah ditingkatkan pada Galaxy S22, kedua perangkat memiliki zoom digital yang sama yaitu 30x. Namun, kami menantikan gambar yang lebih baik dengan lensa telefoto baru itu.

Galaxy S1 telah diluncurkan dengan OneUI 3 berbasis Android 11, yang telah diperbarui ke Android 12 berdasarkan OneUI 4.0. Di sisi lain, Galaxy S22 berlayar di One UI 4.1 berbasis Android 12. Kedua smartphone memiliki desain yang ramping dengan banyak grafis yang halus dan penggunaan warna yang halus. One UI menyediakan cara yang bagus untuk melakukannya, dan Anda dapat menyesuaikannya dengan cara Anda. Gabungkan dengan kecepatan refresh 120Hz, dan Anda akan menikmati kesenangannya!

Seperti yang diharapkan, Galaxy S22 akan bertahan lebih lama dari Galaxy S21. Tetapi dengan perubahan dramatis, Samsung akan mencadangkan perangkat terbarunya selama lebih dari setahun setelah Google mencadangkan perangkat Pixel-nya. Perusahaan mendorong produsen smartphone lain untuk mengupgrade game upgrade perangkat lunak mereka.

Samsung telah datang dengan rencana upgrade OS untuk 3 sampai 4 tahun, sehingga Anda dapat mengharapkan Galaxy S22 untuk mendapatkan upgrade Android 16 dan mendapatkan perlindungan upgrade. Sebagai perbandingan, Galaxy S21 tahun lalu sudah dalam peningkatan OS pertamanya dan akan diperbarui ke Android 13 dan 14 – kurang dari dua tahun dari flagship terbaru.

Galaxy S21 dibanderol dengan harga awal $799 untuk tipe storage 8GB dan 128GB, dan Samsung menganut harga yang sama untuk jumlah RAM dan storage yang sama di Galaxy S22. Anda akan bisa mendapatkan kedua perangkat dari vendor pihak ketiga besar dan berbeda, dan sayangnya, Anda bisa mendapatkan Galaxy S21 dengan harga lebih murah sekarang.

Samsung Galaxy S22 berbagi banyak dengan pendahulunya tetapi keluar di atas berkat sensor kamera baru, struktur kaca dan logam, dan umur panjang, berkat Samsung yang telah mendukung perangkat lunak selama empat tahun. . Versi baru akan mengambil foto yang lebih baik dan bertahan lebih lama daripada Galaxy S21, karena terasa lebih berharga di tangan. Ini adalah alat hebat yang dapat Anda cari, dan ini jelas merupakan sumber daya di sini. Jika Anda memutuskan di antara keduanya, belilah Galaxy S22.

Tetapi bagaimana jika Anda memutuskan apakah perlu melakukan upgrade dari Galaxy S21 ke Galaxy S22? Nah, untuk saat ini bisa dikatakan tidak ada gunanya. Sementara Galaxy S22 jelas merupakan yang terbaik dari kedua ponsel, perubahannya meningkat, bukan mogok. Ini adalah smartphone yang lebih baik, ya, tetapi hanya sedikit, dan manfaatnya hampir dapat diabaikan jika Anda sudah menikmati Galaxy S21 Anda.

Pilihan Video