KEPULAUAN SELAYAR – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan peringatan peristiwa penting Akibat curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan banjir dimana-mana seperti yang terjadi sepekan yang lalu.

HPSN 2022 dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan kolaborasi semua elemen masyarakat tentang pengelolaan sampah dengan perspektif iklim, yaitu ketahanan ekologi, ekonomi, sosial, serta membangun kesadaran pablik dalam upaya pengurangan sampah.

Baca juga: Memperingati Hari Pahlawan, Danny Akan Renovasi Makam Diponegoro

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2022 diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolsek Takabonerate Ipda Hasan S.Sos di lapangan sepakbola Kayuadi dengan menghadirkan seluruh pemilik kaisar, para kepala desa, anggota BPD, tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, para guru dan persatuan wanita sahabat sejati dan peserta lainnya dalam rangka partisipasi pengangkutan sampah dan pembersihan drainase di berbagai titik yang kerap terjadi banjir selama ini.

Terpantau turut hadir Sekcam takabonerate Andi Caco Amras, S.Sos ,.MM, Kapolsek Takabonerate Ipda Hasan, S.Sos, Kepala Puskesmas Pasitallu, Danpos 02 Jampea, Babinsa dan para Kepala Desa sedaratan Kayuadi, Jumat 25/02/2022.

Baca juga: Alfamidi Bagikan 4.000 Paket Sembako di HUT ke 14

Kapolsek Takabonerate dalam arahannya mengatakan, melalui momentum HPSN tahun 2022 kali ini dijadikan acuan untuk membangun kesadaran dalam penanggulangan sampah di sekitar lingkungan.

Kerja bakti merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan sukarela, ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan hasilnya dapat dirasakan oleh diri sendiri dan juga orang lain.

Kerja bakti atau gotong royong perlu digalakkan kembali sebab di era yang modern sekarang ini tidak dipungkiri bahwa rasa kekeluargaan dan gotong royong serta rasa empati semakin terkikis oleh egoisme, kepentingan hingga kesibukan pribadi.

Baca juga Mappedeceng Raih Penghargaan Pelaksana Gotong Royong Terbaik Pertama di Luwu Utara

“Oleh karena itu melalui, momentum HPSN tahun 2022 kita gelorakan kembali semangat gotong royong dan kepedulian kita terhadap sesama dan lingkungan kita,” ungkap Ipda Hasan.