JAKARTA – Polandia tidak akan memainkan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Rusia pada bulan Maret.  Presiden Asosiasi Olahraga Polandia, Cezary Kulesza, dan para pemain tim nasional, bersama Kapten Robert Lewandowski, setuju untuk tidak bermain setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Baca Juga : Situasi Ukraina Memanas, Amerika Kirim 3.000 Pasukan Militer Tambahan ke Polandia

Kulesza mengatakan organisasi tersebut sedang dalam pembicaraan dengan Swedia dan Republik Ceko untuk melakukan hal yang sama. Hal ini disebabkan karena kekerasan Rusia terhadap Ukraina yang kian meningkat.

“Karena meningkatnya kekerasan di Federasi Rusia melawan Ukraina, tim nasional Polandia tidak akan dapat memainkan pertandingan melawan Republik Rusia,” katanya di Twitter,

Menurutnya ini adalah keputusan yang tepat dan sedang dalam perundingan dengan Asosiasi Swedia dan Ceko.

“Ini adalah satu-satunya keputusan yang tepat. Kami sedang dalam pembicaraan dengan klub Swedia dan Ceko untuk memberikan status yang sama kepada FIFA,” tambahnya, dilansir Reuters.

Rusia akan menjamu Polandia di semifinal playoff Piala Dunia pada 24 Maret.  Jika timnya lolos, Polandia akan menjamu Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret.

Pemain timnas Polandia itu melalui media sosial juga menunjukkan dukungannya terhadap keputusan tersebut.

“Ini bukan keputusan yang mudah, tapi ada hal yang lebih penting dalam hidup daripada sepak bola,” tulis Kamil Glik, Mateusz Klich, Matty Cash dan rekan-rekannya di Twitter, Sabtu.

Ia juga menuliskan bahwa pikirannya masih berada di negeri tersebut, telebih salah satu rekan timnya masih berada di Ukraina bersama keluarganya.

“Pikiran kami bersama bangsa Ukraina dan teman kami dari tim nasional, Tomasz Kedziora, yang masih di Kiev bersama keluarganya,” tulisnya

Pemimpin tim nasional, Lewandowski, mengatakan, bahwa Ia tidak bisa bermain dengan baik ketika situasi kekerasan di Ukraina masih terjadi, walaupun peristiwa ini bukan tanggung jawab pesepakbola maupun penonton Rusia.

“Saya tidak bisa membayangkan bermain melawan timnas Rusia dalam situasi ketika agresi bersenjata di Ukraina berlanjut. Pesepakbola dan penggemar Rusia tidak bertanggung jawab atas ini, tetapi kami tidak bisa berpura-pura tidak terjadi apa-apa,” jelasnya

Adapun FIFA, belum menanggapi pandangan Asosiasi Sepak Bola Polandia tentang kualifikasi Piala Dunia 2022. Tapi, Presiden FIFA Gianni Infantino prihatin dengan situasi tragis dan traumatis yang muncul setelah Rusia melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina.