RAKYAT.NEWS, Makassar – Penyediaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum masih menjadi fokus Pemprov Sulsel untuk dilanjutkan di tahun 2023 ini. Hal ini menjadi program prioritas andalan dari Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Sudirman merencakan membangun sarana air siap minum di sejumlah daerah. “Alhamdulillah, tahun 2022 lalu kita sudah bangun 10 unit arsinum dan masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat. Tahun ini kembali akan dibangun 11 unit arsinum,” kata Sudirman dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu, 28 Januari 2023.

Sasaran pembangunan PSU air siap minum ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman. “Kita berharap dengan adanya arsinum ini akan bermanfaat untuk¬† masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman,” jelasnya.

Di tahun 2022 lalu, Pemprov Sulsel telah merealisasikan pembangunan 10 unit PSU arsinum yang tersebar di beberapa daerah di Sulsel.

Ada 10 titik di 8 Kabupaten, yakni Pulau Kanalo 2 di Kabupaten Sinjai; Pulau Liukang Loe, di Kabupaten Bulukumba; Pulau Libukang, di Kabupaten Jeneponto; Pesisir Desa Mattirotasi di Kabupaten Pinrang; Pulau Salebbo Mattirowalie, dan Pulau Podang-Podang, di Kabupaten Pangkep; Desa Bonto Borusu, dan Desa Menara Indah, di Kabupaten Selayar; Pulau Pannikiang, di Kabupaten Barru; dan Desa Patongloan, di Kabupaten Enrekang.

Untuk di tahun 2023 ini, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) akan membangun 11 unit PSU Arsinum.

Empat diantaranya di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kec. Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan. Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate; Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.