HEWAN – Cara utama membedakan kucing jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bentuk tubuh dan alat kelaminnya. Selain perbedaan organ kelamin, kucing jantan dan betina juga memiliki beberapa variasi lain, antara lain hormon dan perilaku sehari-hari. Berikut ini dijelaskan cara membedakan kucing jantan dan betina berdasarkan perilaku yang ditunjukkan:

Baca Juga: Ribuan Hamster Dimusnahkan Akibat Kasus Pegawai Toko Positif COVID-19 di Hong Kong

Salah satu ciri kucing jantan adalah perilakunya yang aktif, bahkan yang paling agresif sekalipun. Kucing jantan yang tidak dikebiri sering memiliki kecenderungan untuk tinggal di dalam rumah atau tidak suka tinggal di dalam rumah. Kucing juga punya cara penyemprotan Saya bisa menyemprotkan urin sedikit sembarangan. Kucing jantan juga sering berkompetisi dengan kucing jantan atau kucing jantan lainnya yang dianggap pesaing.

Di sisi lain, kucing jantan yang dikebiri akan sering lebih tenang, yaitu keinginan untuk berkeliaran akan sangat berkurang. Kucing yang telah dikebiri juga mulai sedikit berkelahi penyemprotan. Setelah kucing tidak lagi bercanda, mereka akan menerima kehadiran pejantan lain di sekitarnya, mengurangi penyemprotan, bentrok dengan kucing lain, dan lebih dekat dengan pasangannya atau kucing lain.

Baca Juga: Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Ini 6 Tipsnya!

Sementara itu, kucing betina memiliki tingkat produksi hormon yang berbeda. Kucing betina seringkali sangat penyayang, menyambar dan mencari perhatian agar bisa digendong atau digendong manusia. Dalam keadaan panas, kucing betina akan mengeluarkan suara ekstra atau mengeong, tujuannya untuk menarik perhatian kucing jantan.

Pada kucing betina yang belum disembelih, suaranya atau suaranya akan meninggi, mereka akan memiliki keinginan yang kuat untuk tetap berhubungan atau dirawat, menandai daerah Anda dengan semprotan, dan mengusir beberapa betina yang dianggap mengganggu di tempatnya. Sementara itu, kucing betina yang dikebiri seringkali tidak lagi menerima panas.

Baca Juga:  4 Tips Miss V tidak Dihinggapi Cacing Kremi

Hal ini membuat suara kucing lebih lembut dan kurang vokal. Kucing juga akan menghindar atau ingin ditangkap lagi setelah dikebiri, kucing betina juga akan lebih menunjukkan mood keibuan. Namun, kucing yang dikebiri tetap berada di area tersebut dan tidak mudah untuk berbagi area lain dengan kucing lain, terutama betina lainnya. Kucing betina juga dikenal lebih mandiri dibandingkan kucing jantan.