MAKASSAR – Banyak orang tidak benar-benar mengerti bagaimana menjaga badan dan mental tetap sehat. Padahal jika hidup sehat dan senanf adalah kunci untuk berumur panjang. Artinya, semakin senang seseorang maka besar juga kemungkinannya untuk bertahan hidup lebih lama. Nah, satu cara yang sederhana mampu anda lakukan untuk hidup lebih senang dan berumur panjang yaitu menerapkan pola hidup sehat. Yuk, simak tips pola hidup sehat berikut.

Baca Juga : Penyalahgunaan Narkoba, 6 Pelaku Berhasil Diringkus 2 Diantaranya Pegawai Pemerintahan

1.Hindari Stres

Terjebak kemacetan di jalan, tenggat waktu kerjaan yang kian menghimpit, kondisi finansial stagnant, romansa cinta sedang tak harmonis, dan berbagai permasalahan hidup yang berbeda pasti akan membuat stres. Ketika Anda merasa stres, semua sistem tubuh akan bereaksi dengan cara yang berbeda. Stres kronis dapa berdamak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Nah, jadi cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala sesuatu yang dapat menekan Anda.

2. Pemilihan makanan yang bijak

Apa yang anda konsumsi tentu akan mempengaruhi bagaimana tubuh Anda bekerja. Oleh sebabnya, penting bagi Anda buat memperhatikan setiap makanan yang anda makan setiap hari demi mewujudkan pola hidup yang sehat.

3. Olahraga

Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha membakar kalori yang telah disimpan di dalam tubuh. Terlebih lagi, itu juga dapat membantu mengedarkan lebih banyak oksigen ke sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tidak heran jika setelah berolahraga atau melakukan aktifitas fisik, Anda merasa lelah

4. Kurangi konsumsi gula

Jika biasanya Anda minum kopi dengan dua sendok makan gula, coba sekarang satu sendok makan saja. Setelah Anda terbiasa, Anda bisa menghlilangkan sepenuhnya asupan gula dalam secangkir kopi yang Anda minum.

5. Perbanyak minum air putih

Sekitar 60% dari komposisi tubuh Anda adalah air. Sayangnya, setiap hari cairan akan berkurang karena berkeringat, mengeluarkan urin, dan bahkan setiap kali Anda bernafas. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan Anda diisi setiap hari.

6. Tidur yang cukup

Tidur adalah sebuah pondasi pada pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Apabila pondasi ini goyah, tentunya akan berdampak dalam kesehatan Anda. Mulai fungsi imun, energi, makan, suasana hati sampai berat badan Anda.