DPRD Makassar

Mencekam! Evakuasi WNI di Ukraina Habiskan Puluhan Jam

WNI dari Ukraina Akan Disambut Menlu, Menhan dan Kepala BP2MI
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani bersiap menyambut kedatangan penerbangan yang membawa WNI dari Ukraina menuju Bandara Soekarno Hatta, Kamis (3/3/2022). (sumber : tempo.co)

JAKARTA – Evakuasi WNI dari Ukraina ke negara tetangga memakan waktu puluhan jam perjalanan dalam kondisi tidak aman akibat invasi Rusia.

Baca Juga : Paksa Teken Persetujuan, Wadas Kedatangan 10 Truk Polisi

Menterian Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan telah mengevakuasi 99 WNI dari Ukraina ke KBRI di negara terdekat, seperti Polandia dan Rumania.  Pemindahan WNI dari KBRI Kyiv dibagi menjadi empat kategori.

Rombongan pertama, 25 WNI yang mengungsi melalui Odessa, tiba di Bukares pada 27 Februari 2022 pukul 16.30 waktu setempat.  Seluruh WNI yang dievakuasi adalah perempuan, termasuk seorang anak di bawah usia 12 tahun.

Mereka menempuh perjalanan sekitar 35 jam, termasuk antrean panjang di perbatasan, dengan bus.  Biasanya, waktu tempuh tidak lebih dari 10 jam.

“Tim evakuasi kita berangkat dari Tulcea, perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu pukul 06.00 pagi, 26 Februari, dan akhirnya tiba di Bukares pada Minggu pukul 16.30 waktu setempat, 27 Februari,” katanya, Selasa (1/3/2022).

Kelompok kedua, enam WNI dan satu WNA pada 27 Februari 2022, juga berhasil diseberangkan dari Lviv ke Rzeszow, Polandia.  Mereka dua wanita, tiga anak-anak dan satu bayi.

KBRI Warsawa meninggalkan safe house di Rzeszow jam 07.30 pagi dan bisa kembali dengan evacuee Penduduk Indonesia sekitar 20.45 malam.

Seperti di perbatasan Rumania, rute ini juga memiliki antrian yang sangat panjang, hingga 30 km, terutama di daerah perbatasan.

“Saat ini, mereka sudah berada di Rzeszow dalam kondisi sehat sehat,” paparnya.

Kelompok ketiga yang terdiri dari empat WNI, dua orang dewasa dandua anak-anak, termasuk dua pasangan WNA, juga dijemput KBRI Warsawa dari McD Ternopil, Lviv (Ukraina) hingga Polandia, dengan jarak 150 km.  Mereka tiba di Rzeszow, Polandia pada 28 Februari 2022 pukul 19:40 WS.

“Rombongan setempat mengalami antri di perbatasan, cek poin Polandia, selama kurang lebih dua jam sebelum akhirnya bisa masuk ke Polandia,” ucapnya, dilansir tempo.co.

Rombongan keempat berangkat Senin malam, 59 WNI dievakuasi dari Kyiv ke Bucharest, Rumania di Moldova.  Seluruh WNI diangkut dengan kendaraan darat karena jalur udara ditutup.

Pemindahan dari Kiev dijadwalkan berlangsung pada 27 Februari 2022, melalui kota Lviv ke Polandia.  Namun, karena jam malam dan sejumlah masalah jalan terkait perang, evakuasi harus ditata ulang.

Keputusan tentang tindakan akhirnya tercapai setelah berdiskusi dengan beberapa pihak, termasuk diskusi dengan Kementerian Luar Negeri Turki dan India, yang menghadapi situasi serupa.

Evakuasi dengan 12 kendaraan dalam beberapa cara untuk menghindari jalur dan kemacetan lalu lintas di jalan raya.  Rombongan meninggalkan KBRI Kyiv sekitar pukul 11.30 dan tiba di perbatasan Moldova pada pukul 22.00.

Penduduk Indonesia di Ukraina sebanyak 138 orang yang tersebar di berbagai kota, termasuk di wilayah timur Ukraina yang menjadi medan pertempuran.