MAKASSAR – Pemilihan Puteri Indonesia tahun 2022 yang dihelat oleh Yayasan Mustika Ratu akan segera melaju ke grand final nasional.

Baca Juga : Bantu Masyarakat Selayar, Bupati Terima Perwakilan Kementerian Sosial

Semula Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2022 digelar pada Maret 2022, namun karena wabah Covid-19 masih meningkat sehingga pihak penyelenggara mengundur sementara grand final event tahunan ini.

Salah satu finalis Puteri Indonesia 2022 yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, Dini Nur Fitri berhasil lolos ke babak Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2022.

Mantan Pramugari Garuda Indonesia peraih Flight Attendant Garuda Indonesia maintaining the Best Cabin Crew in the World for 5 times in a row ini mengaku akan mengikuti Grand Final PPI 2022 dan mengemban misi pengembangan UMKM.

Menurut Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2 2022 tersebut, Pandemi Covid-19 memiliki banyak implikasi tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk sektor lain, terutama ekonomi yang juga mengalami dampak serius.

Puteri Indonesia Favorit Sulawesi Selatan 2022 dan Putri Indonesia Favorit Kepulauan 2022 ini membeberkan bahwa perekonomian di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk keterlibatan UMKM.

“Meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” bebernya, Kamis (3/3/2022).

Senada dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, lanjut dara cantik ini mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai generasi muda, yang merupakan bagian dari agen perubahan dengan mendukung dan mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk lebih berdaya, berinovasi, beradaptasi dengan memiliki kecakapan digital sehingga siap bersaing global di era digitalisasi,” urainya.

Seperti yang dikatakan Abang None DKI Jakarta 2017, di era digitalisasi, UMKM juga perlu beradaptasi dengan ekosistem digital untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Dini juga memperkenalkan aplikasi LaDaRa yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan produk lokal

“Sebagai Finalis Puteri Indonesia 2022 saya ingin memperluas LaDaRa, sebuah aplikasi belanja berbasis produk lokal, agar masyarakat bisa mendapatkan produk lokal dengan mudah dan cepat.” tuturnya.

Tak lupa Ia mengaja generasi muda untuk mencintai produk lokal.

“Saya ingin mengajak dan menginspirasi generasi muda untuk bangga dan menggunakan produk lokal yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar,”lanjutnya

Perempuan kelahiran 19 Februari 1996 dan besar di Sorowako Sulawesi Selatan ditunjuk sebagai brand ambassador LaDaRa dan juga sebagai Konsultan Komunikasi sebuah perusahaan tambang nikel Indonesia.

“Jadi saya juga disibukkan dengan memperluas informasi tentang LaDaRa, yang bertujuan untuk mewadahi UMKM dengan ekosistem digital ekonomi dengan memberikan pendampingan, pelatihan seperti memanfaatkan informasi dan teknologi digital secara optimal, teknik pemasaran, berinovasi dalam memproduksi barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan pasar,” pungkasnya.

Ia berharap mendapatkan support dari semua sektor, mengingat UMKM Indonesia memberikan peranan penting dalam menopang ekonomi bangsa.

“Besar harapan saya untuk mendapatkan dukungan dari semua lini, mengingat UMKM Indonesia memiliki peranan penting untuk menopang ekonomi bangsa,” tutupnya.