RAKYAT.NEWS, Luwu Utara – Ayah merupakan salah satu sosok terbaik, selain ibu, yang bisa memberikan sentuhan kasih sayang, kelembutan, dan kenyamanan terhadap proses perkembangan dan pertumbuhan sang anak. Untuk itu, sosok ayah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pola pengasuhan anak, sehingga ada pembagian peran yang lebih berimbang bersama sang ibu.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyebutkan bahwa ada banyak manfaat yang bisa dirasakan sang anak dengan keterlibatan seorang ayah dalam pola pengasuhan anak. Beberapa di antaranya adalah perkembangan kognitif anak bisa lebih baik, perkembangan emosi lebih matang, perkembangan sosial lebih baik dan adanya penurunan perilaku negatif sang anak.

“Figur ayah dalam pengasuhan anak sangat dibutuhkan. Mengingat ayah adalah sosok yang mampu membuat perkembangan emosi sang anak lebih matang. Anak lebih tangguh, adaptif, tak mudah stress, tak mudah menyerah, dan memiliki ekspresi emosi positif,” tutur Indah saat menjadi Narasumber Seminar Peningkatan Peran Ibu Dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak yang digelar DP3AP2KB, Kamis, 26 Januari 2023, di Aula La Galigo Kantor Bupati.

Indah juga menyebutkan bahwa keterlibatan seorang ayah adalah untuk membantu peran ibu dalam penerapan pengasuhan anak, sehingga anak tak hanya mendapatkan sentuhan kasih sayang ibu, tetapi juga mendapatkan pemantik semangat dari sang ayah.

“Dukungan dan keterlibatan suami atau ayah dalam pembagian peran pengasuhan anak agar beban kerja itu bisa lebih berimbang, karena tugas pengasuhan juga ada pada ayah,” terangnya.

Dikatakan Indah, banyak bahaya yang bisa saja dialami oleh sang anak, jika tidak mendapatkan pengasuhan yang baik dan benar dari orang tuanya. Salah satu bahaya yang dimaksud orang nomor satu di Luwu Utara ini adalah bahaya pornografi.