JAKARTA – Gedung tertinggi atau pencakar langit kini bukan menjadi hal yang luar biasa. Kemajuan teknologi dan persaingan ketat melahirkan manusia-manusia cerdas dan terampil dalam menghasilkan kreasi yang awalnya hanya berada di dalam imajinasi dan pemikiran mereka.

Kemajuan yang terjadi ini bahkan dibuktikan dengan hadirnya 5 gedung tertinggi di dunia.

Baca Juga : 5 Grup Kpop Usung Konsep Debut Berbeda 

Berikut 5 Gedung Tertinggi di dunia….

1. Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter)

Burj Khallifa, Dubai – Gedung Tertinggi di Dunia via worldalldetails.com. Dulunya diberi nama Burj Dubai. Burj Khalifa merupakan sebuah gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia dan resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunan ini merupakan mahakarya arsitektur Skidmore, Owings, dan Merril dengan ketinggian mencapai 828 meter dan mencakup 160 lantai.

Pencetus pembangunan bangunan ini adalah Skeikh Mohammed bin Rashid Al Maktourn. Meski pada pertengahan pembangunan sempat mengalami kendala dana, namun pemimpin Uni Emirat Arab bernama Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersedia untuk menginvestasikan dananya sehingga Burj Dubai selesai dibuat dan namanya diganti menjadi Burj Khalifa sebagai bentuk penghormatan serta simbol terima kasih kepada Presiden Khalifa.

2. Shanghai Tower, Shanghai, China (632 meter)

Shanghai Tower via luxuo.com. Shanghai Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi kedua setelah Burj Khalifa yang dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Perancangnya adalah Gensler.
Ketinggian gedung mencapai 632 meter dan di dalamnya terdapat 121 tingkat dengan luas total area mencapai 380.000 meter persegi. Pembangunan gedung ini memakan biaya yang super masif yaitu sekitar Rp31 triliun dan masih dalam tahap pembangunan. Tower ini seolah mengisahkan rekam jejak laju perubahan daerah ini.