MAKASSAR – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Sinjai bersama rombongan melakukan studi tiru di kantor Dinas Perhubungan kota Makassar, jalan Mallengkeri, Selasa (08/03/2022).

Kehadiran Kadis Perhubungan Sinjai Andi Irransyahrani bersama seluruh jajarannya disambut langsung Kepala Dinas Perhubungan Makassar Iman Hud di ruangan kantor Dishub Makassar.

Kadishub Sinjai Andi Irransyahrani mengatakan, kehadirannya bersama rombongan pada prinsipnya untuk studi tiru terkait persoalan khususnya lingkup Dinas Perhubungan.

Baca Juga : PLN Apresiasi Dishub Kota Makassar

“Olehnya itu studi tiru bagaimana agar kebijakan yang sudah diterapkan di Kota Makassar, dapat diaplikasikan di Dishub kabupaten Sinjai, seperti pengelolaan di mana salah satu syarat utama Kementerian, salah satunya adalah perusahaan angkutan yang minimal harus berbadan hukum,” ujar Kadishub Sinjai.

Studi Tiru, Dishub Makassar Terima Kunjungan Dishub Kab Sinjai
Kadis Perhubungan Sinjai Andi Irransyahrani. Foto : Dok,. Istimewa.

Adapun kendala yang dihadapi di Kabupaten Sinjai adalah para pengusaha angkutan ini masih mengelola usahanya secara perorangan.

Para pengusaha ini malah cenderung tidak mau untuk melakukan penggabungan diri dalam suatu badan hukum. Salah satu faktor adalah kepercayaan dan mereka sangat ragu dengan kepemilikan aset. Persoalan Aset itu yang membuat mereka ragu karena menurutnya aset harus dipindahtangankan menjadi atas nama koperasi.

“Inilah Kami datang ke kota Makassar untuk melihat bagaimana langkah-langkah yang mereka tempuh seperti apa yang mereka lakukan dan apa saja keuntungan yang ditawarkan apabila para pengusaha ini sudah bergabung dalam badan hukum koperasi,” ujarnya.

Bagaimana mendapatkan insentif pajak 30% s/d 70% per tahun dan inilah yang menjadi daya tarik bagi teman-teman untuk bisa bergabung di koperasi.

Lanjut, kata Andi Irransyahrani, harapannya bersama rombongan datang pada kegiatan studi tiru ini ke Dishub Makassar tentunya, dapat mengambil pelajaran dan bisa menerapkan di wilayah Dishub Sinjai.