MAKASSAR – Andi Sudirman Sulaiman telah menjabat sebagai Plt Gubernur Sulsel setahun lebih. Ia diamanahkan sebagai Plt Gubernur tertanggal 1 Maret 2021 lalu dan melakukan 11 hal dalam mencerminkan sistem pemerintahan yang clean dan good governance.

Rencananya pada 10 Maret 2022, ia akan dilantik sebagai Gubernur Sulsel definitif oleh Presiden, Joko Widodo.

Pengamat politik pemerintahan dari kalangan akademisi Dr Arief Wicaksono mengatakan, Andi Sudirman telah mencerminkan sistem pemerintahan yang clean dan good governance.

Baca Juga : Temui Plt Gubernur, Danny Minta Prioritaskan Pembangunan Stadion Mattoangin

Menurut Arief Wicaksono, semangat pemerintahan yang efektif, efisien dan profesional ingin dicapai oleh Andi Sudirman Sulaiman.

Sejalan dengan itu, pengamat politik dan pemerintahan dari UIN Firdaus Muhammad menyampaikan apresiasinya terhadap kerja-kerja Plt Gubernur Sulsel saat ini.

“Beliau memang dikenal dengan riligius, ya sisa bagaimana komitmen plt ini mampu dijalankan dengan baik oleh bawahannya. Karena penerapan sistem pemerintahan good dan clean government butuh implementasi dengan baik,” ujar Firdaus Muhammad beberapa waktu yang lalu.

Selama setahun, simak berikut ini yang telah dilakukan Andi Sudirman, yakni:

1. Tuntaskan Persoalan Utang
Permasalahan utang menjadi perhatian Andi Sudirman saat dirinya diamanahkan sebagai Plt Gubernur Sulsel.

Berkat kegigihannya, dirinya mampu menyelesaikan permasalahan utang tahun anggaran 2020 yang nilainya hampir Rp 1 triliun.

Dengan kondisi tahun anggaran yang berjalan, dirinya mampu mengimbangi dengan kondisi keuangan yang mengalami refocusing akibat pandemi Covid-19.

2. Pulihkan Ekonomi
Upaya pemerintah provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman membuahkan hasil. Perekonomian Sulawesi Selatan tahun 2021 secara kumulatif tumbuh pada angka 4,65%. Hal ini merupakan capaian yang yang positif, di mana tahun 2020 lalu mengalami kontraksi pada angka -0,70%.