MAKASSAR – Memiliki bisnis sampingan membantu meningkatkan pendapatan harian Anda. Bisnis ini dapat dilakukan dengan sedikit biaya, tergantung pada bisnis yang akan dimulai.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari ide bisnis untuk karyawan, ibu rumah tangga, atau orang di rumah. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah bisnis sampingan ini dapat dilakukan di kota, di rumah, dan di waktu senggang Anda.

Saat ini, ada rekomendasi untuk bisnis sampingan yang dapat dioperasikan secara online dan offline. Berikut ini adalah ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba.

1. Content creator

Salah satu ide bisnis sampingan adalah content creator. Ide bisnis sampingan ini bisa dibuat di rumah tanpa dibatasi ruang dan waktu.  Selain itu content creator Siapa pun dapat melakukannya tanpa memandang usia, selama mereka memiliki ponsel dan terhubung ke internet.

2. Toko Online

Anda bisa menjual berbagai macam barang secara online seperti pakaian, makanan dan kebutuhan sehari-hari. Anda dapat memasukkan barang yang akan dijual dan mengetahui harganya sesuai dengan pasar retail online.

3. Droshipper

Jika Anda tidak memiliki sumber keuangan, cobalah untuk menjadi dropshipper.  Bisnis dropship ini adalah kemitraan marketplace dan toko online.

Anda dapat merekomendasikannya menggunakan fitur dropshipper.  Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu menyimpan barang, Anda hanya perlu mengetahui jenis produk yang perlu Anda jual di toko online tersebut.

4. Youtuber

Beberapa orang menyukai ide membuat video dan memposting informasi secara online.  Ide lain adalah menjadi Youtuber.  Konten Youtube yang unik dan kreatif dapat menarik pemirsa untuk meningkatkan jumlah penayangan.

Anda bisa memulai bisnis sampingan di Youtuber. Pendapatan para kreator Youtuber sendiri bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta.