MAKASSAR – Oknum BPN mendatangi lahan seksi Suman Bin Bidu yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo antara BNPB Provinsi Sulsel dan PT United Tractor (UT). Kedatangannya membuat para ahli waris curiga, Jumat (11/03/2022).

Ahli Waris Suman Bin Bidu, Rudin Daeng Ngali menjelaskan, kemarin Kamis (10/3/2022) oknum IL dari BPN Kota Makassar, EN dari BPN Wilayah Provinsi Sulsel serta satu wanita yang tidak diketahui namanya mendatangi lokasi lahan seksi milik Suman Bin Bidu.

Rudin menanyakan kepada oknum tersebut perihal kepentingan dan kapasitasnya datang ke lokasi lahannya. Menurut Rudin, jawaban IL saya dari BPN. Saat ditanyakan maksud dan tujuan kedatangannya, IL menjawab hanya lewat dan anehnya wanita yang ikut serta bersama oknum BPN mengambil foto-foto lokasi.

Baca Juga : Sidang Lanjutan Perdata Lahan Seksi, Saksi dari Kecamatan Tidak Hadir
Baca Juga : Lahan Suman bin Bidu, Saksi : Benar-Benar Gila dan Seksi

Pada saat dikonfirmasi kepada IL melalui via telepon WA, dia menjelaskan bahwa dia bertugas dan menemani EN, memiliki surat tugas dari BPN Wilayah Provinsi Sulsel untuk mengecek lokasi BPN.

Saat dikonfirmasi langsung, BPN Kota Makassar melalui Kasi Pengukuran, Fahmi yang juga atasan IL menjelaskan, BPN Kota Makassar tidak pernah mengeluarkan surat tugas tersebut.

Sementara itu, Direktur Yayasan Lembaga Hukum Makassar (YLBHM) yang juga bertindak sebagai Kuasa Hukum dari Ahli Waris Suman Bin Bidu menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui maksud dan tujuan kedatangan oknum BPN ke lokasi lahan Suman Bin Bidu.

Oknum BPN Datangi Lahan Seksi Suman Bin Bidu, Ahli Waris Curiga!
Kuasa Hukum Ahli Waris Suman Bin Bidu, Adnan Buyung Azis. Foto : Dok. Istimewa.

“Intinya kami tidak tahu tujuan oknum tersebut datang kesana, tapi kehadirannya menimbulkan kecurigaan dari ahli waris Suman Bin Bidu. Mereka mempunyai pengalaman yang buruk terhadap aktifitas BPN baik secara personal maupun institusi,” jelasnya.