MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersiap mewujudkan Makassar Kota Metaverse, dengan penandatangan yang dilakukan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, bersama Executive Chairman WIR Group, Daniel Surya, Senin (14/03/2022).

Baca juga: Danny Kerahkan 22 Ribu Birokrat Menuju Makassar Kota Metaverse
Pemkot Bersama WIR Group siap Wujudkan Makassar Kota Metaverse
Pemkot Bersama WIR Group siap Wujudkan Makassar Kota Metaverse

Danny mengatakan, perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka untuk bersama mengembangkan platform metaverse di Makassar. Pengembangan platform metaverse ini menjadi upaya Pemkot Makassar mengadopsi teknologi digital dengan realitas virtual yang akan memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia terkhusus warga Makassar

“Kerja sama ini akan menjadikan Kota Makassar memiliki realitas virtual yang diharapkan manfaatnya bisa dinikmati masyarakat luas. Bukan hanya di Makassaar, tapi seluruh Indonesia. Kemajuan teknologi digital dewasa ini dapat membantu pemerintah memberikan layanan bagi warganya. Platform metaverse ini juga dapat digunakan masyarakat untuk berinteraksi, bekerja, belajar, dan berkarya,” ujarnya.

Sementara, Chief Metaverse Officer WIR Group, Stephen Ng berkomitmen untuk mengembangkan platform metaverse di Makassar seperti halnya kota besar lainnya, seperti Jakarta, Bali, dan Ibu Kota Negara (IKN).

“Sebelumnya kami sudah kembangkan di kota besar lainnya dan kini menyasar Makassar. Metaverse Makassar juga akan hadir dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai serta kearifan lokal juga budaya bangsa,” katanya.

Stephen menambahkan pengembangan metaverse di Makassar adalah hal positif yang akan menambah satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform metaverse Indonesia.

“Pembangunan metaverse Indonesia memang butuh waktu yang cukup lama dan di lakukan secara bertahap hingga tahun 2024 mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi,” tuturnya.