JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di titik nol IKN Nusantara. Di antara beberapa gubernur yang ikut dalam proses pencampuran tanah dan air, hanya Gubernur Kaltim Isran Noor yang ikut berkemah.

Baca Juga : Tidak Semua Penyakit Ditanggung BPJS, Berikut 21 Daftarnya

Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono membenarkan bahwa hanya Gubernur Kaltim yang ikut berkemah bersama dengan kepala dan wakil kepala IKN Nusantara.

“Hanya Gubernur Kaltim saja yang tinggal bersama Kepala dan Wakil Ketua IKN,” sebutnya, Senin (14/3/2022).

Selain itu, Jokowi akan didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi. Hadir pula beberapa menteri, mulai dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono hingga Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Heru kemudian menjelaskan mengapa tidak semua gubernur ikut berkemah. Faktor keterbatasan ruang menjadi pertimbangan utama.

“Terbatas lahan dan sarana, kayak air dan lain-lain,” tuturnya, dilansir detik.com.

Jokowi pernah memposting memperlihatkan tenda yang dia tinggali di IKN Nusantara malam ini. Tenda itu tepat berada di kilometer nol IKN.

Foto tersebut diunggah Jokowi di akun Instagram miliknya, Senin (14/3/2022). Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam duduk di kursi.

Di belakang Jokowi, terlihat tenda didirikan. Selain itu, ada pohon-pohon tinggi yang terlihat di belakang tenda Jokowi.

Pagi ini, Jokowi memimpin acara penggabungan tanah dan air di IKN Nusantara. Tanah dan air dibawa oleh gubernu untuk disatukan ke dalam Kendi Nusantara.

Tidak semua gubernur menhadiri prosesi penggabungan tanah dengan air.  Setidaknya enam gubernur tidak hadir karena alasan kesehatan.

Jokowi dan para gubernur juga menanam pohon di IKN Nusantara. Pohon yang ditanam juga merupakan khas di setiap daerah.