MAKASSAR – Kegiatan rutin tahunan dalam memperingati hari kemerdekaan negara republik Indonesia, pelaksanaan Pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) dan perkemahan sudah akan mulai berlangsung normal di tahun 2022, Senin (14/03/2022).

Baca Juga :Program Prioritas Dispora Sulsel, Pembinaan Atlet dan Pelatih Hingga Pembangunan Sarana Olahraga

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan, Heri Sumiharto, menjelaskan mengenai posisi Dispora yang berkiblat pada peraturan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk pelaksanaan agenda tahunan dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, terkhusus pada keberadaan dan sistematika pelaksanaan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka).

“Kita kan harus menyesuaikan petunjuk teknis dari pusat Kemenpora terkait pelaksanaan, utamanya khusus untuk paskibraka,” jelasnya.

Ia menerangkan, petunjuk teknis untuk pelaksanaan paskibraka sudah ada dengan karakteristik pelaksanaan yang sudah normal seperti di tahun-tahun sebelumnya sewaktu pandemi covid-19 belum ada, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dan memakai masker.

“Sudah ada petunjuk teknis untuk pelaksanaan paskibraka, sudah ada, sudah ada, dan itu sesuai dengan yang sebelum-sebelumnya, yang sebelum pandemic, tetapi mengacu kepada protokol kesehatan,” terangnya.

Ia melanjutkan, bahwa suatu kesyukuran dengan kondisi sekarang yang sudah memasuki masa endemic, dengan keadaan ini sudah memungkinkan bisa terlaksananya kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Keadaan sekarang kan secara keseluruhan, ini sudah dicabut yang namanya pandemic ini, menurut pemerintah sudah masuk endemic, ini kan kita sudah sangat bersyukur, artinya pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan yang mungkin menimbulkan banyak orang sudah bisa dilaksanakan tetapi tetap mengacu kepada protokol kesehatan,” ungkapnya.

Walaupun agenda di bulan kemerdekaan, Agustus, masih lama namun Dispora sudah melakukan persiapan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, diantaranya telah melakukan seleksi untuk pasukan paskibraka di kabupaten/kota.